Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Medcom.id/Desi Angriani
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Medcom.id/Desi Angriani

Strategi Pemerintah Hadapi Perlambatan Ekonomi Global

Ekonomi pertumbuhan ekonomi Airlangga Hartato
Eko Nordiansyah • 23 Januari 2020 19:29
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan strategi pemerintah untuk meningkatkan produktivitas nasional dan nilai ekspor Indonesia, dalam rangkaian acara Pertemuan Tahunan World Economic Forum (WEF) 2020 di Davos, Swiss.
 
Di tengah kondisi perekonomian global yang diprediksi mengalami pelambatan, Indonesia menunjukkan performa positif. Pada 2020, pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi dapat mencapai 5,3 persen dengan tingkat inflasi yang terkendali.
 
"Dengan modalitas yang dimiliki serta pelaksanaan economic transformation, kita percaya diri bahwa tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia akan positif di tengah kondisi perekonomian global yang menghadapi ketidakpastian," kata dia dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 23 Januari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini, pemerintah sedang melakukan berbagai kebijakan afirmatif sebagai pilar utama transformasi ekonomi nasional. Mulai dari simplifikasi peraturan nasional melalui omnibus law hingga berbagai kebijakan yang fokus pada peningkatan investasi di sektor industri yang memberikan nilai tambah tinggi (high value-added industri).
 
"Hal tersebut diharapkan akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas enam persen dalam kurun waktu 2020-2024," jelas dia.
 
Pada kesempatan ini pemerintah menghadiri forum 'Multilateral Meeting on WEF ASEAN Summit 2020'. Dalam forum ini dibahas mengenai rencana pelaksanaan pertemuan WEF on ASEAN pada Juli 2020 dimana Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah.
 
Dalam forum yang diikuti pula oleh sejumlah pengusaha nasional dan pejabat WEF tersebut, dibahas mengenai rencana pelaksanaan pertemuan WEF on ASEAN pada Juli 2020 dimana Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah.
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif