Presiden Joko Widodo,--Foto: MI/Panca Syurkani
Presiden Joko Widodo,--Foto: MI/Panca Syurkani

Jokowi Jadikan KKP sebagai Teladan Perubahan Nomenklatur 2016

Ekonomi belanja
Desi Angriani • 08 Desember 2015 18:42
medcom.id, Bogor: Presiden Joko Widodo menjadikan Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) yang dipimpin Menteri Susi Pudjiastuti sebagai role model (teladan) bagi perubahan penyederhanaan nomenklatur dalam anggaran kementerian/lembaga (K/L) 2016. Pembahasan tersebut ditekankan Jokowi saat memimpin sidang kabinet paripurna.
 
"Karena KKP berhasil mengubah paradigma di dalam kementeriannya yang dahulu belanja modal, barang, dan pegawai itu dalam persentase yang hampir sama. Di KKP setelah berhasil, belanja modal dan barang itu 80 persen sedangkan belanja pegawai hanya 20 persen," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (8/12/2015).
 
Pramono menjelaskan, Presiden menuntut hal serupa kepada semua kementerian/lembaga. Mereka diminta segera menyederhanakan nomenklatur dengan menggunakan anggaran secara lebih produktif.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang jelas, anggaran diminta oleh Presiden untuk lebih produktif. Tidak ada lagi anggaran double atau ganda," tutur dia.
 
Kader PDI Perjuangan ini menyebutkan, struktur APBN atau pola pembangunan ke depan akan berbeda dibandingkan dengan sebelumnya. Sehingga seluruh kementerian diharuskan mempersiapkan diri. Di samping itu, pemerintah juga akan mengurangi subsidi dan proteksi bagi BUMN sebagai salah satu visi 2016.
 
"Lebih pada orientasi dibandingkan dengan prosedur. Tidak lagi secara business as usual yang berulang kali disampaikan oleh Presiden. Salah satunya di bidang farmasi, karena harga farmasi kita sangat mahal. Hal ini menimbulkan dampak atau pun kerugian di masyarakat karena harga obat-obat yang tinggi,” kata dia.
 

(MBM)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif