Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan menilai petumbuhan ekonomi Indonesia bisa berada di bawah lima persen pada akhir 2019. Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso.
Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan menilai petumbuhan ekonomi Indonesia bisa berada di bawah lima persen pada akhir 2019. Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso.

Luhut: Pertumbuhan Ekonomi RI Bisa di Bawah 5%

Ekonomi pertumbuhan ekonomi
Desi Angriani • 16 Oktober 2019 20:13
Jakarta: Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menilai petumbuhan ekonomi Indonesia bisa berada di bawah lima persen pada akhir 2019. Hal itu menyusul proyeksi penurunan angka pertumbuhan ekonomi global yang dipangkas menjadi tiga persen oleh Dana Moneter Internasional (IMF).
 
"Jadi mungkin saja pertumbuhan ekonomi Indonesia lima persen atau di bawah sedikit dari lima persen atau di atas sedikit dari lima persen," kata Luhut ditemui di Gedung BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu, 16 Oktober 2019.
 
Namun demikian, Indonesia dianggap mendapat imbas paling kecil dari perlambatan ekonomi dunia tersebut. Jika dibandingkan negara emerging market, Indonesia dipercaya masih dapat tumbuh di kisaran lima persen lantaran ditopang oleh konsumsi domestik.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Paling kecil dampaknya Indonesia. Belum tau kita lihat saja nanti ya," imbuhnya.
 
Dana Moneter Internasional (IMF) sebelumnya kembali menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global akibat perang dagang Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok. IMF memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun ini hanya sebesar tiga persen. Proyeksi itu lebih rendah dibandingkan proyeksi Juli lalu yang sebesar 3,2 persen.
 
IMF juga memperkirakan pertumbuhan ekonomi dunia tahun depan menjadi 3,4 persen, atau turun 0,2 persen dari proyeksi pada April lalu.

 

(HUS)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif