Ilustrasi (MI/RAMDANI)
Ilustrasi (MI/RAMDANI)

Indonesia Serap Pengalaman Perdagangan dari Australia

Ekonomi pertumbuhan ekonomi australia ekonomi indonesia
Ilham wibowo • 14 Agustus 2019 08:16
Jakarta: Pemerintah Indonesia dan Australia terus bekerja sama mengimplementasikan berbagai komitmen dalam perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif (IA-CEPA). Beberapa sistem perdagangan berstandar rencananya bakal diterapkan. Adapun perjanjian ini nantinya diharapkan memberi efek positif terhadap perekonomian kedua negara.
 
Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana mengungkapkan sistem yang dimaksud yakni acuan besaran tarif perizinan impor daring (tariff rate quota/TRQ) dan implementasi impor tanpa tergantung masa panen (automatic import licensing/AIL without seasonality).
 
Lokakarya implementasi pun kemudian digelar Kementerian Perdagangan dan Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT) 13-14 Agustus 2019 di Bogor, Jawa Barat. Melalui lokakarya ini kementerian/lembaga yang terlibat dalam pelaksanaan sistem TRQ dan AIL without seasonality ini dapat bersiap serta menggali informasi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dan pengalaman mengenai operasionalisasi dan implementasi kedua sistem tersebut," kata Wisnu Wardhana, melalui keterangan resminya, seperti dikutip di Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2019.
 
Agenda dalam lokakarya ini mencakup pembahasan mengenai peraturan tentang pembentukan dan operasionalisasi sistem TRQ yang berlaku di beberapa negara, khususnya untuk komoditas hortikultura, produk hewan, dan baja. Hadir dalam lokakarya tersebut perwakilan berbagai kementerian/lembaga terkait.
 
Wisnu melanjutkan pada perjanjian IA-CEPA ini Indonesia berkomitmen memasukkan produk-produk yang tercakup dalam kelompok produk ternak, sereal, hortikultura, dan baja ke dalam 16 pos tarif pada TRQ. Komitmen lainnya yaitu agar enam pos tarif dalam kelompok sapi betina hidup dan produk-produk daging ternak mendapatkan AIL without seasonality.
 
Menurut Wisnu, Australia telah memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun dalam implementasi sistem TRQ dengan berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Jepang, dan negara-negara Uni Eropa. Sistem TRQ yang diterapkan Australia berada dalam sistem manajemen kuota (quota management system/QMS) di bawah Departemen Pertanian Australia.
 
"Indonesia belum memiliki dan belum pernah mengimplementasikan sistem TRQ. Lokakarya ini menjadi kesempatan bagus untuk menggali informasi dan pengalaman terkait implementasi TRQ yang selama ini telah dipraktikkan Australia dengan negara mitra dagangnya," pungkas Wisnu.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif