Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: MI/Susanto)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: MI/Susanto)

Penguatan Ekonomi RI Tetap Jalan saat Pemilu

Ekonomi ekonomi indonesia pilpres 2019
Eko Nordiansyah • 20 Maret 2019 12:43
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memastikan pemilihan umum (pemilu) 2019 tak akan menganggu upaya memperkuat perekonomian. Menurut dia, ekonomi Indonesia akan tetap jalan meski ada pesta demokrasi yang digelar secara serentak.
 
"Menjalankan pemilu namun tidak bisa ada stabilitas makro ekonomi? Hal itu tak terjadi di Indonesia. Siklus demokrasi bukan tantangan bagi kami untuk mencapai tujuan kami," kata Sri Mulyani dalam seminar Fitch on Indonesia 2019, di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Rabu, 20 Maret 2019.
 
Tahun ini pemerintah akan melaksanakan pemilu serentak yang terdiri atas pemilihan anggota legislatif (pileg) serta pemilihan presiden (pilpres). Pemilu dilaksanakan pada 17 April 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sri Mulyani menambahkan pemerintah tetap akan menjalankan berbagai reformasi untuk mendukung perekonomian. Apalagi pemerintah telah berkomitmen dalam menarik investasi serta mendorong ekspor demi mendongkrak ekonomi nasional.
 
"Ini yang harus kami lakukan, dan lebih dalam melakukan reformasi. Ini apa yang pemerintah sedang lakukan, mendekati pemilu tak menjadi halangan untuk memperkuat ekonomi Indonesia," jelas dia.
 
Meski begitu, pemerintah akan tetap mewaspadai berbagai tantangan global tahun ini. Misalnya, perlambatan ekonomi global yang dipengaruhi perlambatan ekonomi Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.
 
"Kami akan terus melihat apa yang terjadi di berbagai negara, kesepakatan perdagangan, AS-Tiongkok, perkembangan di Eropa, yang sekarang punya dampak besar ke dunia. Bagi Indonesia, agar volatilitas tidak berlanjut," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif