Menteri Keuangan Sri Mulyani. FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah.
Menteri Keuangan Sri Mulyani. FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah.

Sri Mulyani Ajak Kemendagri Sisir APBD Bermasalah

Ekonomi kementerian keuangan apbd kemendagri
Eko Nordiansyah • 01 November 2019 17:42
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan mengajak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk memantau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) bermasalah. Salah satunya APBD DKI Jakarta yang ditemukan sejumlah kejanggalan di dalamnya.
 
"Kita nanti akan bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri. Dalam meningkatkan kualitas dari APBD tentunya dan berbagai hal nanti akan kita koordinasikan bersama," kata dia di Kantor Kemenkeu, Jakarta Pusat, Jumat, 1 November 2019.
 
Sebelumnya APBD DKI Jakarta untuk tahun depan mendapatkan sorotan. Pasalnya terdapat anggaran yang janggal seperti pengadaan lem aibon senilai Rp82 miliar di Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya itu, ada pula anggaran pengadaan pulpen sebesar Rp124 miliar di Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Timur, 7.313 unit komputer dengan harga Rp121 miliar di Dinas Pendidikan, serta beberapa unit peladen senilai Rp66 miliar di Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik.
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyalahkan sistem e-budgeting warisan pemerintahan sebelumnya yang menyebabkan kejanggalan anggaran pada APBD DKI tahun 2020. Menurut dia sistem e-budgeting tersebut tidak pintar sehingga menghasilkan keanehan pada beberapa pos anggaran.
 
"Kalau ini smart system, dia bisa melakukan pengecekan, verifikasi, bisa menguji. Ini sistem digital, tapi masih mengandalkan manual, sehingga kalau mau ada kegiatan-kegiatan, akhirnya jadi begini ketika menyusun RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah)," kata Anies di Balai Kota Jakarta, seperti dikutip Antara, Kamis, 31 Oktober 2019.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif