BI Perkirakan Inflasi 0,22% hingga Minggu Ketiga Mei
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)
Jakarta: Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi sampai dengan minggu ketiga Mei 2018 sebesar 0,22 persen. Hal ini sebagaimana hasil survei indeks harga konsumen (IHK) yang dilakukan di 82 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

"Di minggu ketiga 0,22 persen dan dibandingkan dengan proyeksi 0,55 persen. Jadi ini kinerja baik yang cukup rendah," kata Gubernur BI Agus Martowardojo di kompleks perkantoran BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 18 Mei 2018.

Dirinya mengaku optimistis inflasi akan sesuai dengan target yang ditetapkan. Tahun ini bank sentral mematok inflasi di level 3,5 plus minus satu persen lebih rendah dari proyeksi tahun sebelumnya di kisaran empat persen.

Sampai dengan April 2018, inflasi tercatat sebesar 0,10 persen. Adapun inflasi secara tahun kalender mencapai 1,09 persen sedangkan inflasi tahun ke tahun atau year on year (yoy) mencapai 3,41 persen.

Agus menambahkan, beberapa komoditas yang mengalami tekanan harga yaitu ayam, bawang merah, serta telur. Namun dirinya meyakini pemerintah mampu menjamin ketersediaan stok.

Tak hanya itu, BI bersama pemerintah juga terus berkoordinasi dalam Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Dengan kerja sama ini diharapkan bisa mengendalikan inflasi sesuai yang ditargetkan.

 



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360