Ilustrasi. FOTO: MI/SUSANTO
Ilustrasi. FOTO: MI/SUSANTO

BI: Kepanikan Investor Buat Rupiah Tembus Rp16 Ribu/USD

Ekonomi bank indonesia rupiah melemah kurs rupiah virus corona
Husen Miftahudin • 19 Maret 2020 17:12
Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan kepanikan investor menjadi penyebab utama nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) merosot tajam. Bahkan sejumlah perbankan nasional menjual mata uang Negeri Paman Sam tersebut di level Rp16 ribu per USD.
 
"Jadi (pelemahan rupiah) bukan masalah fundamental, tapi memang karena (investor) cenderung panik. Ini menyebabkan premi risiko menjadi tinggi," ujar Perry dalam telekonferensi di Jakarta, Kamis, 19 Maret 2020.
 
Paniknya para investor disebabkan oleh cepatnya penyebaran virus korona atau covid-19 yang hingga saat ini sudah menjangkit 159 negara. Ketidakpastian global ini berimbas pada tingginya premi risiko, sehingga aliran modal asing 'pulang kampung' pada saat yang bersamaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Investor global beranggapan beragam dampak yang ditimbulkan dari virus korona sebagai sebuah ketidakpastian. Kondisi ini membuat mereka buru-buru melepas banyak aset, baik di pasar keuangan maupun di pasar modal.
 
"Kami pantau premi risiko meningkat sangat-sangat tinggi. Ini dihadapi oleh semua negara bahwa investor global melepas asetnya baik saham maupn SBN (Surat Berharga Negara). Sekarang, cash is the king, mereka pindah ke yang aman," ungkap Perry.
 
Menjaga agar hal tersebut tak semakin parah, Bank Indonesia akan terus memastikan mekanisme pasar terjaga serta menjaga likuiditas di pasar uang dan pasar valuta asing (valas). "Itu yang kami lakukan dengan triple intervention, baik di DNDF, spot, maupun pembelian SBN di pasar sekunder," tegasnya.
 
Sejumlah perbankan nasional menjual USD di level Rp16 ribu per USD. Hal itu seiring dengan merosotnya mata uang Garuda dalam beberapa pekan terakhir.
 
Berdasarkan pantauan Medcom.id, Kamis, 19 Maret 2020, BRI menaruh paling besar posisi jual USD. Kemudian disusul dengan harga jual USD dari Bank Panin dan Bank Mandiri.
 
Berikut daftar nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat hari ini pukul 13.20 WIB di berbagai bank Tanah Air:
 
BRI: Kurs jual Rp16.410 per USD.
Bank Panin: Kurs jual Rp16.330 per USD.
Bank Mandiri: Kurs jual Rp16.300 per USD.
CIMB Niaga: Kurs jual Rp16.250 per USD.
BCA: Kurs jual Rp16.150 per USD.
BNI: Kurs jual Rp16.109 per USD.
 
Sementara, berdasarkan data Yahoo Finance nilai tukar rupiah terhadap USD masih di level Rp15.310 per USD. Data Bloomberg juga masih menunjukkan di level Rp15.315 per USD.
 
Sedangkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia hari ini menunjukkan posisi rupiah terhadap USD berada di level Rp15.712 per USD.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif