Foto: dok MI.
Foto: dok MI.

Parkir di Rp14.440/USD, Rupiah Terus Tertekan

Ekonomi rupiah melemah Kurs Rupiah
Ade Hapsari Lestarini • 24 Juni 2021 16:59
Jakarta: Kurs rupiah hingga penutupan perdagangan sore ini pergerakannya makin tergerus. Sejak pembukaan perdagangan mata uang Garuda ini stabil melemah.
 
Mengutip Bloomberg, Kamis, 24 Juni 2021, rupiah ditutup melemah menjadi Rp14.440 per USD. Rupiah melemah hingga 7,5 poin atau setara 0,05 persen.
 
Namun jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan kemarin, nilai tukar rupiah bergerak stabil di zona merah, yakni di level Rp14.432 per USD.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun rentang gerak rupiah berada di kisaran Rp14.440-Rp14.460 per USD. Sementara year to date (ytd) return terpantau sebesar 2,78 persen.
 
Sedangkan melansir data Yahoo Finance, rupiah diperdagangkan di posisi Rp14.435 per USD. Gerak rupiah terpantau melemah hingga 15 poin atau setara 0,10 persen.
 
Sementara itu berdasarkan data kurs referensi Bank Indonesia, Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (Jisdor), rupiah diperdagangkan ke posisi Rp14.462 per USD.
 
Mengutip Antara, Pengamat pasar uang Ariston Tjendra mengatakan sentimen yang mendorong pelemahan rupiah hari ini masih relatif sama dengan hari sebelumnya yaitu sikap bank sentral AS, Federal Reserve (Fed), dan kenaikan kasus positif covid-19 di dalam negeri.
 
"Semalam beberapa petinggi bank sentral AS masih menyuarakan potensi kenaikan suku bunga acuan AS yang lebih cepat dari proyeksi sebelumnya karena inflasi yang meninggi meskipun sementara, tapi inflasi ini akan bertahan dalam waktu yang lebih lama," ujar Ariston.
 
Menurut Ariston, komentar-komentar tersebut mendorong penguatan dolar AS terhadap nilai tukar lainnya. Dari dalam negeri, pasar kemungkinan masih mengkhawatirkan kasus covid-19 yang masih terus menciptakan rekor kasus baru.
 
"Pembatasan aktivitas yang lebih lama karena kasus baru masih terus meningkat, bisa menghambat laju pemulihan ekonomi," kata Ariston.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif