Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI). Foto: Medcom.id/Desi Angriani
Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI). Foto: Medcom.id/Desi Angriani

Pasar Modal Kedatangan 750 Ribu Investor Baru Selama Pandemi

Ekonomi investor pasar modal pandemi covid-19
Annisa ayu artanti • 20 Oktober 2020 16:07
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pandemi covid-19 tidak menyurutkan minat investor untuk bergabung ke pasar modal. Bahkan, saat pandemi merebak, bursa justru kedatangan 750 ribu investor baru.
 
Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hoesen mengatakan jumlah tersebut meningkat 30 persen dari posisi 31 Desember 2020 yang berjumlah 2,48 juta single investor identification.
 
"Jumlah investor pasar modal terus mengalami peningkatan. Total single investor ID per 25 September 2020 mencapai 3,23 juta atau naik sebesar 30 persen," kata Hoesen dalam Capital Market Summit & Expo 2020, Selasa, 20 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, peningkatan jumlah investor tersebut menandakan kepercayaan publik terhadap pasar modal masih besar.
 
Selama pandemi, dibeberkan Hoesen, OJK telah mengeluarkan 35 kebijakan di bidang pasar modal. Upaya tersebut dilakukan untuk menjaga kestabilan dan kepercayaan pelaku pasar serta membantu pemulihan ekonomi nasional.
 
"OJK turut andil dan berpartisipasi dengan mengeluarkan berbagai kebijakan strategis khususnya di bidang pasar modal. Sepanjang 2020 OJK telah mengeluarkan paling tidak 35 kebijakan di bidang pasar modal dalam merespons dampak pandemi covid-19 di Indonesia," jelasnya.
 
Sebelumnya, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan investor ritel lokal pada saat pandemi semakin mendominasi pasar modal. Dalam lima tahun terakhir, 73 persen transaksi di pasar saham dilakukan oleh investor ritel.
 
"Jadi ada beberapa angka yang dapat kami sampaikan bahwa 73 persen di pasar saham adalah transaksi yang berupa ritel, dan ini merupakan transaksi paling banyak lima tahun terakhir," kata Wimboh.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif