Ilustrasi. Foto: dok MI/Ramdani.
Ilustrasi. Foto: dok MI/Ramdani.

Migrasi 300 Ribu Polis Jiwasraya ke IFG Life Tersendat

Ekonomi Garuda Indonesia asuransi jiwa Jiwasraya IFG Life
Husen Miftahudin • 02 Desember 2021 21:04
Jakarta: Dewan Pimpinan Forum Purna Bhakti Garuda Indonesia Korban Jiwasraya (FPGIKJ) Syahrul Tahir menyebutkan 300 ribu polis yang akan bermigrasi dari Jiwasraya ke IFG Life tersendat.
 
"Hingga saat ini belum juga terealisasi dengan alasan proses pengalihan akan dilakukan secara simultan untuk memastikan polis telah terverifikasi dan tervalidasi dengan baik dan telah memenuhi peraturan yang berlaku dari POJK yang disimpulkan belum clear dan clean," ujar Syahrul dalam siaran persnya, Kamis, 2 Desember 2021.
 
Syahrul mengungkapkan dari pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sampai saat ini belum menerbitkan POJK bagi para peserta asuransi anuitas seumur hidup, seperti asuransi anuitas seumur hidup menjadi rata-rata tujuh sampai delapan tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemudian, pemotongan dana nilai tunai nominal saat pensiunan dibelikan asuransi anuitas seumur hidup yang diterima Jiwasraya sesuai perjanjian dengan pihak Garuda Indonesia pada 1996 dibayarkan secara lunas," tuturnya.
 
Dia bilang, Jiwasraya dan IFG Life terlalu berbelit dengan dalih pengalihan polis anuitas dana pensiun akan mulai dilakukan setelah proses clearance dari regulator rampung. Padahal, pemerintah sudah menyuntik dana melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp20 triliun.
 
"Jiwasraya akan menyerahkan nasabah pensiunan anuitas kepada IFG Life, itu pun pihak Jiwasraya menolak dengan perjanjian Novasi antara pensiunan BUMN selaku nasabah Jiwasraya dengan IFG Life dan terjadi pelanggaran perjanjian secara sepihak," bebernya.
 
Syahrul menceritakan, pada saat pemaparan restrukturisasi yang dilakukan Februari 2021 lalu, Jiwasraya menjanjikan bahwa dana pensiun (pensiunan Garuda Indonesia) dipindahkan efektif Oktober 2021 melalui IFG Life.
 
"Namun pada kenyataannya kami mendapatkan kabar bahwa dana pensiun akan dipindahkan pada akhir tahun ini. Ini ada apa? Kok malah sering diundur seperti ini?" ketusnya.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif