Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (BEI) - - Foto: MI/ Panca Syurkani
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (BEI) - - Foto: MI/ Panca Syurkani

BEI Bakal Rilis Dua Indeks Baru

Ekonomi BEI
Annisa ayu artanti • 30 Juni 2020 18:47
Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) berencana merilis dua indeks baru pada semester kedua ini. Kedua indeks tersebut yakni IDX Quality 30 Index dan indeks tematik yang berorientasi pada perusahaan ramah lingkungan.
 
Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan IDX Quality 30 Index akan diluncurkan pada Agustus. Indeks tersebut berisi 30 anggota konstituen yang telah disaring dari emiten-emiten yang masuk dalam indeks IDX80.
 
"Indeks baru yang akan kita luncurkan paling lambat di Agustus nanti," kata Hasan dalam konferensi pers virtual, Selasa, 30 Juni 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun yang menjadi indikator pemilihan anggota indeks IDX Quality 30 Index tersebut, di antaranya rasio return to equity (ROE ratio), rasio debt to equity (DER ratio), rasio pendapatan, stabilitas pendapatan, struktur permodalan, dan profitabilitas perseroan.
 
"Variabel yang akan kita lihat dan kita ukur sebelum dilakukan seleksi itu adalah komponen rasio ROE-nya, DER,earning ratio, profitability, capital structure, danearning stability-nya juga akan kita lihat," jelas dia.
 
Lebih lanjut, selain indeks IDX Quality 30 Index, Hasan juga tengah menyiapkan satu indeks tematik lainnya.
 
Indeks tersebut akan fokus kepada perusahaan yang ramah lingkungan atau memenuhi standar environment, social, dan governance (ESG).
 
"Semoga di semester dua nanti, tak sampai akhir tahun, kita bisa menerbitkan indeks ESG yang baru," imbuhnya.
 
Dalam membentuk indeks ini, BEI sudah menggandeng penyedia jasa untuk melakukan penilaian atau scoring ESG dari saham-saham yang menghuni IDX80.
 
Sehingga penetapan konstituen saham indeks penghuni IDX80 akan dinilai secara periodik terhadap pemenuhan aspek-aspek ESG yang menjadi penilaian utama.
 
"Dariratingdanscoringtersebut, akan kita kerucutkan dari penerbitan saham dengan rating tertinggi untuk ESG scorenya untuk menghuni minimal akan ada idx esg 30. Jadi leaders ESG indeks kita dalam waktu dekat akan kita punyai," tukasnya.
 

(Des)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif