Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto: Dok. Kementerian BUMN
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto: Dok. Kementerian BUMN

Erick Thohir Ubah Fokus Bisnis Himbara

Ekonomi bni bank mandiri bri BTN Himbara Erick Thohir
Suci Sedya Utami • 01 Desember 2020 11:13
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperbarui fokus bisnis bank-bank yang tergabung dalam himpunan bank milik negara (Himbara).
 
Untuk PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI yang sebelumnya fokus pada pendanaan bagi korporasi, kini diubah lebih banyak mengurusi pembiayaan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
 
"Sudah terlihat, BRI kue korporasinya kita tekan lebih kecil, tapi sekarang lebih ke UMKM," kata Erick, Senin, 30 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu PT Bank Mandiri (Persero) dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI yang awalnya sama-sama bersaing dalam pembiayaan bisnis korporasi, kini BNI difokuskan untuk menangani pembiayaan korporasi yang mengembangkan sayap ke luar negeri.
 
"Kita buka market itu, BNI bisa bantu funding murah dari luar negeri," ujar Erick.
 
Ia bilang BNI juga difokuskan untuk pembiayaan diaspora Indonesia, sehingga BUMN bisa memiliki hubungan erat dengan para diaspora di luar negeri.
 
Lebih lanjut, Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini menambahkan, untuk PT Bank Tabungan Indonesia (Persero) atau BTN tetap difokusnya ke pembiayaan pembangunan perumahan.
 
Dirinya menambahkan, perombakan fokus ini dimaksudkan agar tidak ada tumpang tindih dan persaingan bisnis antara satu BUMN dengan BUMN lainnya. 
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif