Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Cara Ini Bisa Hindari Karyawan Tertekan Keuangan di Masa Pandemi

Husen Miftahudin • 28 Januari 2022 21:02
Jakarta: Model bisnis Earned Wage Access (EWA) dinilai menjadi solusi dalam membantu pengelolaan keuangan karyawan di masa pandemi covid-19. Lewat model bisnis ini, karyawan bisa mengambil gaji lebih awal dari tanggal gajian, sehingga pengelolaan pemenuhan kebutuhan dapat lebih terukur.
 
Salah satu perusahaan yang menyediakan bisnis ini adalah PT People Intelligence Indonesia (GreatDay HR). Perusahaan IT ini meluncurkan platform EWA yang diberi nama Benefits. Lewat Benefits, tekanan finansial yang sering dikeluhkan karyawan pada hari-hari 'kritis' menjelang tanggal gajian dapat dihindarkan.
 
"Oleh karena itu, platform EWA dari Benefits memberikan solusi di mana karyawan dapat memenuhi kebutuhan darurat maupun kebutuhan sehari-hari tanpa harus menunggu tanggal gajian tiba," ucap Presiden Direktur GreatDay HR Gordon Enns dalam siaran persnya, Jumat, 28 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Gordon mengungkapkan platform Benefits ini juga membantu karyawan dalam menghindari risiko pinjaman dan memberikan pemahaman perencanaan finansial yang lebih baik.
 
Benefits memiliki dua layanan, yakni Benefits Cash Advance yang memberikan akses instan penarikan gaji sebelum tanggal gajian tanpa dikenakan biaya perusahaan dan Benefits Top-Up & Bill yang memudahkan karyawan melakukan berbagai transaksi online dalam satu platform, termasuk untuk membayar tagihan, top-up e-wallet, dan membeli pulsa.
 
"Kedua layanan ini terintegrasi dalam sistem penggajian dari GreatDay HR, sehingga memastikan perhitungan gaji yang akurat," jelasnya.
 
Pada kesempatan yang sama, praktisi Human Resources (HR) Eza Hazami menyampaikan, berbagai tunjangan dan fasilitas yang ditawarkan oleh perusahaan, seperti platform Benefits ini bisa menjadi bahan pertimbangan dan alternatif dalam pengambilan keputusan bagi karyawan.
 
"Contohnya, jika seorang karyawan mendapatkan tawaran pekerjaan yang sama dari dua perusahaan yang berbeda, maka tentu karyawan tersebut akan mempertimbangkan aspek fasilitas dan kemudahan yang diberikan perusahaan. Nah Earned Wage Access yang ditawarkan oleh Benefits ini bisa memberikan nilai tambah, apalagi di masa yang tidak menentu seperti sekarang," sebut dia.
 
Eza menambahkan bahwa selain memberikan berbagai kemudahan akses keuangan bagi karyawan, fasilitas yang ditawarkan Benefits juga bisa membantu perusahaan untuk meningkatkan produktivitas karyawan. "Juga memudahkan proses rekrutmen, menurunkan turnover, serta tidak mengganggu cash-flow perusahaan," pungkasnya.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif