Pizza Hut. Foto : AFP.
Pizza Hut. Foto : AFP.

Laba Bersih Emiten Pengelola Pizza Hut Turun

Ekonomi emiten
Arif Wicaksono • 01 Juli 2020 10:22
Jakarta: Emiten gerai Pizza Hut. PT Sarimelati Kencana Tbk (PZZA) mencatat adanya kenaikan penjualan pada kuartal I-2020. Pizza Hut membukukan penjualan sebesar Rp955 miliar atau naik dari tahun lalu sebesar Rp902 miliar. Meskipun penjualan naik, laba bersih perusahaan turun.
 
Dikutip dari keterbukaan di Bursa Efek Indonesia, Rabu 1 Juli 2020, kenaikan penjualan tak diikuti dengan beban penjualan yang naik menjadi Rp567 miliar dari tahun sebelumnya sebesar Rp522 miliar. Selain itu beban umum dan administrasi juga naik menjadi Rp53,4 miliar, kemudian beban operasi lainnya naik juga menjadi Rp7,2 miliar. Sehingga laba operasi hanya mencapai Rp14,2 miliar atau turun dari kuartal I-2019 sebesar Rp53,8 miliar.
 
Selain itu yang memberatkan kinerja emiten ini adalah turunnya pendapatan bunga menjadi Rp941 juta dari capaian tahun sebelumnya sebesar Rp3 miliar. Nah, hal ini semakin diperparah dengan kenaikan beban bunga dan keuangan perusahaan naik menjadi Rp4,9 miliar. Total laba bersih pun merosot dari Rp40,1 miliar menjadi Rp6 miliar atau anjlok sebesar 85 persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Utang perusahaan mencapai Rp1 triliun atau naik dari capaian tahun sebelumnya sebesar Rp769 miliar. Kenaikan utang diikuti dengan kenaikan dari ekuitas perusahaan yang mencapai Rp1,34 triliun atau naik dari capaian tahun sebelumnya sebesar Rp1,33 triliun.

 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif