Ilustrasi - - Foto: Medcom
Ilustrasi - - Foto: Medcom

Imbas Pandemi, Pendapatan Hotel Indonesia Natour Tergerus 70%

Ekonomi BUMN hotel laporan keuangan
Suci Sedya Utami • 24 September 2020 14:09
Jakarta: PT Hotel Indonesia Natour (Persero) mencatat penurunan pendapatan hingga 70 persen pada kuartal III tahun ini. Penurunan pendapatan perseroan jauh lebih dalam dibanding periode yang sama pada tahun lalu.
 
Direktur Utama HIN Iswandi Said menjelaskan kuartal ketiga biasanya merupakan musim puncak (peak season) bagi sektor perhotelan karena adanya libur panjang sekolah. Namun, kesempatan tersebut terhalang oleh pandemi covid-19.
 
"Sesungguhnya kuartal ketiga adalah saat-saatnya mengalami peak season, tetapi karena kondisi covid kita harus menderita kerugian dan menurun 70 persen dari tahun lalu," kata Iswandi dalam acara Ngopi BUMN secara daring, Kamis, 24 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia bilang tingkat keterisian kamar atau okupansi di kuartal ketiga hanya 27,3 persen, jauh di bawah periode yang sama tahun lalu yang mencapai 68,9 persen. Meskipun menurut dirinya di kuartal ketiga terjadi sedikit peningkatan dibanding kuartal kedua yang hanya terisi 26 persen.
 
Sedangkan untuk harga rata-rata per kamar (average daily rate/ADR), sebut Iswandi, di kuartal ketiga hanya sebesar Rp576.997 jauh menurun dibandingkan pada kuartal yang sama tahun lalu sebesar Rp802.443. Serta dibanding kuartal pertama dan kedua 2020 masing-masing sebesar Rp772.887 dan Rp691.259.
 
Iswandi menambahkan sumber pendapatan HIN di masa pandemi masih didominasi olehonline travel agent(OTA) sebesar 35,8 persen, disusul oleh pemerintah dan BUMN yang masih melakukan perjalanan dan menginap 13,3 persen, pelanggan komersial 10,8 persen,walk in10,7 persen, serta wholesale yang turun tajam hanya 7,8 persen.
 
"Kita sadari digitalisasi merupakan solusi bagaimana terjadinya pembukuan, digital menjadi satu alat untuk kita tetap menjangkaucustomerkita," jelas Iswandi.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif