IHSG. Foto : MI/Usman.
IHSG. Foto : MI/Usman.

IHSG Masih Berpotensi Bergerak Menguat Jelang Tutup Tahun

Ekonomi IHSG natal dan tahun baru
Annisa ayu artanti • 29 Desember 2020 09:32
Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diprediksi menguat meskipun pergerakannya cenderung berfluktuasi.
 
Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan menjelang pergantian tahun, IHSG cukup berfluktuasi seiring dengan sentimen dari eksternal dan rilis data ekonomi yang dalam waktu dekat dapat menjadi petunjuk arah serta progres dari kinerja pemerintah.
 
"Berdasarkan analisa teknikal, kami melihat saat ini IHSG memiliki peluang bergerak menguat dan diperdagangkan pada level 6.005-6.174," kata Nico dalam riset hariannya, Selasa, 29 Desember 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan menjelang penutupan akhir tahun Kementerian Keuangan mencatat penerimaan pajak hingga September baru mencapai 85 persen. Sampai dengan 23 Desember 2020 penerimaan pajak baru sebesar Rp1.019,56 triliun, masih di bawah target Rp1.198,8 triliun.
 
Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan bahwa iklim usaha di Indonesia harus terus diperbaiki. Pajak merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan.
 
Sementara dari sentimen global, Nico menjelaskan yang akan mempengaruhi gerak indeks adalah berita terkait stimulus Amerika Serikat.
 
Kepastian stimulus tersebut menjadi asupan yang dinantikan oleh pelaku pasar untuk mengobati kekhawatiran akan munculnya strain varian virus korona baru yang mulai menyebar.
 
"Kenaikan Dow Jones akibat berita ini tentu akan mendorong IHSG kembali bergerak liar, namun tetap hati hati kekhawatiran lockdown di kota Jakarta masih akan kembali menghantui pergerakan IHSG dan pasar obligasi kedepannya," pungkasnya.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif