Ilustrasi. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO
Ilustrasi. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO

2021, BNI Manado Alokasikan KUR Rp1,1 Triliun untuk Usaha Mikro Kecil

Ekonomi bni
Antara • 24 Februari 2021 08:15
Manado: BNI Kantor Wilayah (Kanwil) Manado akan menyasar pelaku usaha mikro dan kecil untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang mencapai Rp1,1 triliun pada 2021. Upaya itu diharapkan bisa memacu kebangkitan usaha mikro dan kecil serta nantinya berkontribusi positif terhadap perekonomian.
 
"Kami menyasar pelaku usaha mikro dan kecil di wilayah kerja BNI Manado yakni Sulut, Sulteng, Gorontalo, dan Malut," kata CEO BNI Kanwil Manado Koko Prawira Butarbutar, dilansir dari Antara, Rabu, 24 Februari 2021.
 
BNI Manado, katanya, mendapat kuota penyaluran KUR sebesar Rp1,1 triliun untuk mendorong peningkatan pelaku usaha di empat provinsi. Koko mengatakan nantinya dana KUR yang akan disalurkan ada mikro maupun kecil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami berharap KUR ini akan membantu sektor riil, dan berdampak positif bagi perekonomian di daerah, apalagi dalam situasi pandemi covid-19," ucapnya.
 
Diharapkan dengan fasilitas bunga sangat rendah di KUR dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku usaha dan terpenting pengembalian yang tepat waktu akan juga meningkatkan pembiayaan yang mungkin lebih besar lagi.
 
Meski melakukan restrukturisasi akibat covid-19, lanjutnya, BNI juga tetap berusaha melakukan ekspansi bisnis. BNI, tambahnya, berupaya memberikan pelayanan prima kepada nasabah dan masyarakat, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang mengalami kontraksi akibat covid-19.
 
Adapun KUR BNI ialah KUR Mikro dengan pinjaman maksimal Rp25 juta dan KUR Ritel dengan pinjaman maksimal Rp500 juta. KUR Mikro tanpa agunan dengan usaha debitur adalah jaminannya dengan jangka waktu maksimal empat tahun. "Syarat formalnya KTP, KK dan Surat Keterangan Usaha," katanya.
 
Sementara KUR Ritel BNI mulai Rp25 juta hingga Rp500 juta. Syaratnya, KTP, NPWP (untuk pinjaman di atas Rp 50 juta), dan KK Surat Keterangan Usaha dari kelurahan. KUR ini mewajibkan jaminan oleh debitur sebagai syaratnya dengan maksimal tenor lima tahun.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif