IHSG pekan depan akan dipengaruhi vaksin covid-19. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti
IHSG pekan depan akan dipengaruhi vaksin covid-19. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti

IHSG Pekan Depan Masih akan Dipengaruhi Vaksin Covid-19

Ekonomi IHSG vaksin covid-19
Annisa ayu artanti • 18 Oktober 2020 16:25
Jakarta: Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan pekan depan akan dibayangi oleh sentimen perizinan vaksin covid-19.
 
Direktur Investama Hans Kwee mengatakan manajemen Pfizer Inc akan mengajukan izin vaksin covid-19 ke otoritas USA pada awal November. Vaksin Pfizer merupakan hasil pengembangan perusahaan bersama mitranya di Jerman, BioNTech.
 
Menurutnya, perkembangan perizinan vaksin tersebut ditunggu pasar dan akan menjadi sentimen positif di akhir pekan bagi bursa Eropa dan Amerika di tengah naiknya kasus covid-19. Kemudian, sentimen tersebut akan diikuti oleh beberapa indeks regional lainnya seperti Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat ini pasar sudah memasukan optimisme vaksin akan segera ditemukan dan segera distribusikan," kata Hans dalam riset yang diterima Medcom.id, Minggu, 18 Oktober 2020.
 
Hans menuturkan, pasar sangat memahami bahwa pencarian obat dan vaksin covid-19 tidak mudah dan masih membutuhkan waktu lama. Oleh karena itu, apabila terdapat kabar baik mengenai vaksin akan menumbuhkan kembali optimisme pasar.
 
Adapun, pasar sempat terlihat koreksi setelah regulator Amerika Serikat menghentikan uji coba pengobatan antibodi covid-19 tahap akhir Eli Lilly. Uji coba tahap akhir ACTIV-3 yang diperuntukkan dalam pembentukan antibodi terhadap virus Covid-19 dihentikan sementara karena alasan keamanan.
 
Kemudian, Johnson & Johnson mengumumkan menghentikan sementara uji coba tahap akhir kandidat vaksin virus covid 19 karena adanya laporan timbulnya efek samping yang belum bisa dijelaskan secara medis.
 
"Hal ini membuat pasar berpikir proses pencarian obat dan vaksin covid 19 tidak mudah dan masih butuh waktu lama," ucapnya.
 
Ia pun menambahkan, tak hanya kehadiran vaksin yang akan memengaruhi pergerakan indeks melainkan perkiraan kinerja emiten yang lebih baik di kuartal ketiga membuat IHSG akan menguat terbatas selama pekan depan.
 
"Adapun support IHSG berada di level 5.067 sampai 5.001 dan resistance di level 5.182 sampai 5.200. Cenderung SOS bila IHSG menguat untuk bisa BOW kembali ketika IHSG koreksi," tutupnya.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif