Foto: dok MI.
Foto: dok MI.

Optimisme Data Dorong IHSG Lanjutkan Penguatan

Ekonomi IHSG
Annisa ayu artanti • 07 Juli 2020 07:50
Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diprediksi melanjutkan penguatan. Masyarakat optimistis data-data ekonomi dalam dan luar negeri mengarah pada hasil yang positif.
 
Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi menjelaskan secara teknikal IHSG terkonsolidasi positif. Pergerakan saat ini semakin mendekati resistance psikologis 5.000 sebagai konfirmasi penguatan lanjutan menuju rata-rata harga 200 hari.
 
"Kami perkirakan IHSG akan bergerak melanjutkan penguatan dengan support resistance 4.950-5.135," kata Lanjar, seperti dikutip dari riset hariannya, Selasa, 7 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan, selanjutnya investor akan terfokus pada data indeks leading ekonomi Jepang, Industrial productions Jerman, dan data mingguan stok persediaan minyak Amerika Serikat. "Sementara dari dari dalam negeri data cadangan devisa dengan perkiraaan positif," ucapnya.
 
Di sisi lain, Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya memperkirakan IHSG bergerak terkonsolidasi pada perdagangan hari ini. Indeks akan diperdagangkan di level support-resistance 4.789-5.018.
 
"Pergerakan IHSG juga terlihat masih betah berada dalam rentang konsolidasi wajar dengan ruang gerak yang cukup terbatas," kata William.
 
Menurutnya, menjelang rilis data perekonomian cadangan devisa akan memengaruhi pergerakan indeks. Sedangkan capital outflow yang masih terjadi secara year to date serta fluktuasi nilai tukar rupiah akan memberikan sentimen terhadap pola gerak IHSG.
 
"Hari ini IHSG berpotensi terkonsolidasi," tukasnya.
 
Beberapa saham yang direkomendasikan untuk diperhatikan investor hari ini adalah PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Vale Indonesia Tbk (INCO), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL), dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI).
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif