Ilustrasi pegadaian - - Foto: Antara/ M Adimaja
Ilustrasi pegadaian - - Foto: Antara/ M Adimaja

Pegadaian Catatkan Kinerja Positif saat Pandemi Covid-19

Ekonomi pegadaian laporan keuangan
Antara • 10 Juni 2020 20:49
Jakarta: PT Pegadaian (Persero) mencatatkan kinerja positif di tengah pandemi covid-19. Performa perseroan terus tumbuh dari sisi laba, omzet pinjaman, hingga jumlah nasabah.
 
"Performa kinerja kami masih positif meskipun tidak se-kemilau 2019. Sampai Mei, laba masih positif, pinjaman masih naik, nasabah juga masih tumbuh," kata Direktur Utama Pegadaian, Kuswiyoto, dikutip dariAntara, Rabu, 10 Juni 2020.
 
Kuswiyoto memaparkan aset Pegadaian hingga Mei 2020 mencapai Rp67 triliun, dan omzet pinjaman tumbuh 22,8 persen dari bulan sebelumnya menjadi Rp65,6 triliun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, laba perseroan hingga Mei 2020 juga tumbuh 17 persen dari bulan sebelumnya menjadi Rp1,3 triliun, serta jumlah nasabah kini mencapai 14,9 juta orang.
 
"Hanya saja ada sedikit catatan, biasanya NPL bisa kita 'maintain' di level 1,6 persen; hari ini naik menjadi 2,56 persen. Ini yang mengakibatkan laba rugi kita agak berkurang," kata Kuswiyoto.
 
Pegadaian pun optimistis tetap mencatatkan performa kinerja karena dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Pertama, proses bisnis Pegadaian terbilang sangat mudah dan cepat dengan pencairan pinjaman hanya memakan waktu 15 menit setelah nasabah menggadaikan emas di kasir.
 
Kemudian, perseroan juga memiliki basis nasabah yang besar dan loyal, yakni hampir 15 juta nasabah. Kemudian keuangan perusahaan tetap sehat, serta produk dan layanan yang beragam. Selain gadai, perseroan juga melayani mikro fidusia dan investasi emas.
 
Jaringan distribusi yang luas juga membuat Pegadaian dapat bertahan dengan 4.113 outlet, 9.917 agen dan kerja sama dengan berbagai marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Blibli dan LinkAja.

 
"Yang membuat kami optimitis juga, dalam setahun ini kami telah menjalin kerja sama dengan 761 mitra dari berbagai instansi sehingga kami tinggal mengoptimalkan perusahaan-perusahaan yang telah melakukan kerja sama," kata dia.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif