Foto: dok MI.
Foto: dok MI.

IHSG Masih Berpeluang Melemah

Ekonomi ihsg
Ade Hapsari Lestarini • 06 April 2020 08:34
Jakarta: Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi masih akan melemah pada perdagangan hari ini. Kendati pada akhir pekan lalu IHSG ditutup menguat dua persen.
 
"Kami perkirakan pergerakan IHSG hari ini masih berpeluang melemah," ujar tim analis Samuel Sekuritas, dalam hasil risetnya, Senin, 6 April 2020.
 
Pada Jumat, 3 April 2020, IHSG ditutup menguat 2,0 persen di tengah pelemahan rata-rata bursa regional. Investor asing mencatatkan net sell sebesar Rp70,5 miliar di pasar reguler. Sedangkan EIDO di pasar AS melemah -2,85 persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun bursa Amerika Serikat (AS) di akhir pekan ditutup melemah. Indeks Dow Jones melemah -1,69 persen, indeks S&P 500 melemah -1,53 persen, dan Nasdaq turun -1,51 persen.
 
Pelemahan ini terjadi setelah rilisnya data pekerja di AS yang menunjukkan hilangnya 701 ribu pekerjaan di Maret. Tingkat pengangguran bulan lalu naik menjadi 4,4 persen dari 3,5 persen di Februari.
 
Sementara rilis data sehari sebelumnya juga menunjukkan 6,6 juta penduduk AS mendaftar untuk mendapatkan unemployment benefit atau dua kali lipat dari seminggu sebelumnya. Hal ini juga meningkatkan angka pengangguran di AS menjadi hampir 10 juta orang.
 
Di sisi lain, rencana pertemuan OPEC yang dipimpin Saudi Arabia dengan Rusia untuk membahas pemotongan produksi minyak ditunda hingga 9 April.
 
Pertemuan diperkirakan akan membahas pemotongan hingga 10 persen dari total produksi saat ini. Penundaan ini membut harga minyak Brent melemah -8,7 persen ke USD31,2 per barel setelah sempat menguat tajam +16,3 persen ke USD34,8 per barel sebelumnya.
 
Sedangkan harga emas bergerak melemah -0,1 persen ke USD1.619,5 per troy ons. Serta indeks dolar masih menguat +0,5 persen ke 100,8 dengan USD/IDR berada di level Rp16.430 per USD.
 
Pagi ini Nikkei dibuka menguat +1,1 persen dan Kospi menguat +1,2 persen.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif