Ketua DK-OJK Wimboh Santoso. FOTO: OJK
Ketua DK-OJK Wimboh Santoso. FOTO: OJK

Bos OJK Harap DigiKU Bisa Mengurangi Eksistensi Pinjol Ilegal

Ekonomi OJK Investasi Bodong
Husen Miftahudin • 17 September 2021 18:56
Jakarta: Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso berharap program Digital Kredit UMKM (DigiKU) dapat berperan dalam mengurangi keberadaan pinjaman online (pinjol) ilegal yang kian meresahkan masyarakat.
 
"Sebab program ini diyakini dapat memperluas akses keuangan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan suku bunga pinjaman yang terjangkau, mudah, dan cepat," ujar Wimboh, dalam siaran persnya, Jumat, 17 September 2021.
 
Wimboh menegaskan komitmen dan dukungan pihaknya terhadap program DigiKU guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi melalui geliat UMKM di Tanah Air. Dengan ini, penyaluran pembiayaan dapat dilakukan melalui digitalisasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"UMKM merupakan tulang punggung, pendorong pertumbuhan ekonomi, dan menjadi pemicu pertumbuhan di sektor lainnya," sebut dia.
 
DigiKU merupakan program penyaluran kredit untuk UMKM yang disediakan oleh pemerintah melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) sebagai bagian dari gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo.
 
Adapun program DigiKU bekerja sama dengan berbagai platform e-commerce. Melalui DigiKU, para merchant e-commerce bisa mendapatkan pinjaman modal dengan proses yang cepat dan fully digital. "DigiKU menawarkan pinjaman dengan bunga ringan dan tenor pembayaran yang bisa disesuaikan," jelas Wimboh.
 
Pada periode Januari sampai dengan Juli 2021, perbankan telah mengucurkan kredit sebanyak Rp1.439 triliun. Secara statistik, kredit perbankan pada Juli 2021 berada di zona positif dan tumbuh sebesar 0,50 persen (yoy).
 
Dari jumlah tersebut, penyaluran kredit ke UMKM mencapai sebesar Rp1.100,4 triliun. Angka ini meningkat sebanyak Rp20,9 triliun atau 1,93 persen secara tahun ke tahun (yoy).
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif