Bank Mandiri buka kemungkinan turunkan suku bunga hingga akhir tahun. MI/Adam Dwi.
Bank Mandiri buka kemungkinan turunkan suku bunga hingga akhir tahun. MI/Adam Dwi.

Bank Mandiri Buka Peluang Turunkan Bunga Kredit Sampai Akhir Tahun

Ekonomi bank mandiri Kredit suku bunga
Annisa ayu artanti • 19 Agustus 2020 14:46
Jakarta: PT Bank Mandiri Tbk kembali membuka peluang penurunan bunga kredit sampai akhir tahun.
 
Direktur Treasury International and Special Asset Management Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan penurunan ini seiring dengan tren penurunan suku bunga acuan BI 7 Repo Reverse Rate.
 
"Ke depan memang kita lihat secara tren, terakhir Bank Indonesia sudah melakukan penurunan BI 7 Repo Rate ke empat persen, yang sebelumnya 4,25 persen. Tentunya kita melihat masih ada ruang untuk terus turun sampai dengan akhir tahun," kata Darmawan dalam konferensi pers virtual, Rabu, 19 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Darmawan menyebutkan, hingga akhir semester I-2020 perseroan telah menurunkan suku bunga kredit hingga 160 basis poin (bps). Penurunan suku bunga kredit tersebut lebih besar dibandingkan suku bunga untuk deposito.
 
"Terlihat dari posisi akhir juni untuk suku bunga kredit secara rata rata sudah turun sekitar 160 bps. Sementara untuk deposito turun 30 bps," sebutnya.
 
Selain itu, Darmawan juga menambahkan, biaya dana atau cost of funds untuk dana pihak ketiga (DPK) juga diproyeksikan turun hingga 40 bps.
 
"Kami juga melihat dengan berbagai program kira-kira antara 25 bps sampai 40 bps, di sisi dana pihak ketiga masih bisa turun untuk biaya dananya," pungkasnya.

 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif