Ilustrasi. FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti

Isu Domestik Diramal Pengaruhi Gerak IHSG

Ekonomi IHSG
Annisa ayu artanti • 18 September 2020 09:32
Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini akan didominasi oleh isu domestik. Salah satu sentimen yang memengaruhi yakni hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia yang memutuskan untuk mempertahankan suku bunga di level empat persen.
 
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan keputusan itu diambil dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi global yang mulai membaik seperti halnya indikator global yaitu PMI di Amerika Serikat dan Tiongkok, harga komoditas, dan peningkatan ekspor di berbagai negara termasuk Indonesia.
 
Kemudian, Bank Indonesia juga telah menambah likuiditas sebesar Rp662,1 triliun yang berasal dari penurunan GWM sekitar Rp155 triliun dan operasi moneter sekitar Rp491,3 triliun. "Kami melihat pergerakan bursa domestik masih didominasi oleh sentimen dalam negeri," kata tim riset Samuel Sekuritas Indonesia, Jumat, 18 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain hasil RDG, pemicu pergerakan indeks pada perdagangan akhir pekan ini adalah pembatasan kembali ruang gerak ekonomi akibat pengetatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan peningkatan kasus covid-19 harian yang terus meningkat.
 
Sementara Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper mengatakan IHSG akan melanjutkan pelemahannya hari ini. IHSG akan diperdagangkan di level support 4.964-5.001 dan resistance 5.087-5.136. "IHSG diprediksi melemah. Secara teknikal stochastic bergerak membentuk dead cross pertanda melanjutkan tren pelemahan," jelas Dennies.
 
Adapun pergerakan hari ini dipengaruhi kekhawatiran semakin tingginya kasus covid-19 dari dalam negeri. "Serta adanya indikasi bahwa perekonomian belum bisa pulih dalam waktu dekat setelah the Fed dan Bank Indonesia menahan suku bunganya," pungkas Dennies.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif