Bursa Efek Indonesia BEI). Foto: Medcom.id/Desi Angriani
Bursa Efek Indonesia BEI). Foto: Medcom.id/Desi Angriani

BEI Masih Proses Buyback Saham Rp4,3 Triliun

Ekonomi saham BEI Buyback
Annisa ayu artanti • 30 Juni 2020 18:48
Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) masih memproses rencana emiten untuk melakukan aksi pembelian kembali (buyback) saham periode kedua.
 
Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan, BEI membagi proses buyback saham ini menjadi dua periode.
 
Periode pertama telah selesai pada 22 Juni 2020 dengan realisasi buyback saham sebesar 1,4 triliun yang dilakukan oleh 39 emiten. Nilai itu setara dengan 8,9 persen dari rencana awal.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara untuk periode kedua, BEI sedang memproses buyback saham oleh emiten BUMN dan emiten non-BUMN dengan total rencana buyback saham senilai Rp4,3 triliun.
 
"Dari Rp4,3 triliun yang sudah direalisasikan Rp498,8 miliar. Masih tersisa Rp3,8 triliun yang alokasi buyback outstanding," kata Nyoman dalam konferensi pers virtual, Selasa, 30 Juni 2020.
 
Periode kedua untuk buyback ini, dijelaskan Nyoman sama dengan periode pertama yakni memiliki jangka waktu tiga bulan.
 
"Bervariasi sesuai dengan kapan mereka melakukan keterbukaan informasi. Windowsnya tiga bulan. Jadi Rp3,8 miliar ini bervariasi jatuh temponya," ucapnya.
 
Seperti diketahui, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengizinkan emiten untuk melakukan buyback saham tanpa melalui RUPS. Upaya ini merupakan salah satu stimulus yang dikeluarkan otoritas untuk mengurangi pergerakan IHSG yang berfluktuasi akibat pandemi covid-19.

 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif