Ilustrasi. FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti

IHSG Berpotensi Melemah, Belum Ada Rekomendasi Beli Saham

Ekonomi ihsg
Annisa ayu artanti • 02 April 2020 09:06
Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini masih berpotensi melanjutkan pelemahan seperti perdagangan kemarin karena minimnya sentimen positif. Penyebaran serta penanganan virus korona masih menjadi penentu pergerakan indeks.
 
Mengutip riset Samuel Research Team, Kamis, 2 April 2020 disebutkan, data perekonomian seperti rilis inflasi dan stimulus yang diberikan pemerintah dinilai tidak cukup mampu membangkitkan optimisme pasar. Apalagi ditambah isu pemerintah menyetop akses dan angkutan Jabodetabek.
 
Sementara dari sisi global, data PMI Tiongkok periode Maret 2020 naik menjadi 50,1 dari Februari yang sebesar 40,3 sebagai efek dari kembali dibukanya pembatasan aktivitas serta kegiatan ekspor impor. Selain itu, neraca perdagangan AS per Februari 2020 menurut konsensus akan defisit USD40 miliar.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami melihat hari ini IHSG masih kembali akan melemah seiring minimnya sentimen. Selain itu, masih belum terlihat konfirmasi perihal rekomendasi Kemenhub untuk Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di daerah Jabodetabek," jelas Samuel Research Team.
 
Sementara itu, Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper mengatakan, pergerkan IHSG hari ini kembali akan melemah. Secara teknikal terlihat tren pelemahan jangka pendek. "IHSG diprediksi melemah dan diperdagangkan di level support 4.331-4.398 dan resistance 4.580-4.695," sebut Dennies.
 
Menurutnya, investor masih fokus pada kasus pandemi korona. Terutama kasus ini terus bertambah di Amerika Serikat dan jumlah kematian terus meningkat setiap harinya. "Hal ini masih menjadi sorotan utama bagi para investor," ucapnya.
 
Selain itu, Dennies menambahkan investor juga masih menanti beberapa data perkonomian dalam dan luar negeri yang akan dirilis. Mereka berharap beberapa data bisa menjadi sentimen positif pasar. Untuk saat ini Artha Sekuritas masih tidak memberikan rekomendasi beli dikarenakan kondisi market yang masih sangat volatil dan masih ada potensi melanjutkan pelemahan.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif