IHSG. Foto : Medcom.
IHSG. Foto : Medcom.

Ditopang Komoditas, IHSG Berpeluang Menguat

Arif Wicaksono • 01 Maret 2022 09:17
Jakarta: Bursa global dan komoditas bergerak cukup volatile sebagai dampak invasi Rusia ke Ukraina dan semakin pentingnya The Fed menaikkan suku bunga acuan. Padahal pada awalnya ada angin segar setelah pihak Rusia dan Ukraina bertemu untuk membicarakan kesepakatan perdamaian.
 
"Akan tetapi nampaknya pembicaraan belum membawa hasil membuat harga energi terus mengalami kenaikan seperti harga crude oil brent sudah mencapai USD101 per barelnya," kata Kepala Riset MNC Sekuritas Edwin Sebayang dalam risetnya, Selasa, 1 Maret 2022.
 
Dia mengatakan harga beberapa komoditas mengalami kenaikkan seperti minyak, emas, batu bara, kelapa sawit dan nikel. Kemudian turunnya yield obligasi berpotensi menjadi sentimen positif untuk Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang diperkirakan melanjutkan penguatannya dihari ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di lain pihak, sanksi ekonomi terbaru yang dilakukan negara Eropa dan AS membuat kondisi ekonomi dan keuangan Rusia mulai limbung, mulai dari rush di perbankan Rusia, pembekuan cadangan devisa Rusia, jatuhnya nilai tukar Rubel sekitar 30 persen sehingga Bank Sentral Rusia menaikkan suku bunganya hingga double, serta dibekukannya penggunaan transaksi SWIFT perbankan asal Rusia.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif