Ilustrasi. Foto: dok MI/Ramdani.
Ilustrasi. Foto: dok MI/Ramdani.

Yes! Rupiah Akhirnya Unjuk Gigi di Hadapan Dolar AS

Husen Miftahudin • 20 Mei 2022 16:50
Jakarta: Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) akhirnya mengalami penguatan di penutupan perdagangan akhir pekan. Ini menjadi kabar manis setelah mata uang Garuda tersebut terus-terusan merosot dalam beberapa hari terakhir.
 
Mengutip data Bloomberg, nilai tukar rupiah terhadap USD menguat ke level Rp14.642 per USD. Mata uang Garuda tersebut menguat sebanyak 77 poin atau setara 0,52 persen dari posisi Rp14.719 per USD pada penutupan perdagangan hari sebelumnya.
 
Data Yahoo Finance juga menunjukkan rupiah berada di zona hijau pada posisi Rp14.664 per USD. Rupiah menguat sebanyak 64 poin atau setara 0,43 persen dari Rp14.728 per USD di penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan berdasar pada data kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (Jisdor), rupiah berada di level Rp14.661 per USD atau naik sebesar 70 poin dari perdagangan di hari sebelumnya sebesar Rp14.731 per USD.
 
Sementara itu, dolar AS tergelincir secara luas pada akhir perdagangan Kamis waktu setempat (Jumat pagi WIB), jatuh ke level terendah dua minggu, memperpanjang kemundurannya dari tertinggi dua dekade. Sebagian besar mata uang utama yang terpukul oleh kenaikan greenback tahun ini menarik pembeli.
 
Dengan meningkatnya volatilitas di pasar keuangan global, dolar mencatat penurunan tajam terhadap yen Jepang dan franc Swiss, yang cenderung menarik investor pada saat terjadi tekanan atau risiko pasar.
 
Tetapi dolar juga bernasib buruk terhadap mata uang berisiko, termasuk dolar Australia dan Selandia Baru, karena kerugian sejauh tahun ini dalam untuk mata uang ini telah menarik beberapa pembeli.
 
"Investor mungkin sudah cukup dengan dolar AS dan mencari untuk mendiversifikasi risiko -terutama karena dukungan dolar AS yang lebih luas dari kenaikan imbal hasil AS tampaknya telah maksimal," kata Kepala Strategi Mata Uang Scotiabank Shaun Osborne.
 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif