Ilustrasi. FOTO: MI/RAMDANI
Ilustrasi. FOTO: MI/RAMDANI

Pegadaian Usul Subsidi Bunga Rp5,1 Triliun ke Pemerintah

Ekonomi pegadaian
Suci Sedya Utami • 15 Mei 2020 07:41
Jakarta: PT Pegadaian (Persero) mengusulkan anggaran subsidi bunga kredit pada pemerintah sebesar Rp5,1 triliun. Anggaran tersebut digunakan untuk meringankan beban bunga para nasabah Pegadaian yang terdampak pandemi covid-19.
 
Sekretaris Perusahaan Pegadaian R Swasono Amoeng Widodo mengatakan usulan tersebut nantinya akan digunakan sebagai subsidi bunga untuk merelaksasi nasabah jenis nongadai. Pihaknya memang memberikan relaksasi kepada nasabah nongadai dengan jangka waktu pinjaman empat bulan berupa penundaan pembayaraan angsuran dan pembebasan denda.
 
Namun, kata Amoeng, hal usulan tersebut belum tentu seluruhnya dicairkan. Pencairan usulan tersebut harus berdasar pada realisasi penggunaannya yang nantinya telah diaudit oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu masih usulan Pegadaian. Apakah di sana (pemerintah) disetujui atau enggak, itu nanti kita lihat berdasarkan reimburse," kata Amoeng, dalam virtual conference, Kamis, 14 Mei 2020.
 
Adapun realisasinya nanti sangat tergatung dari perkembangan wabah covid-19 di Tanah Air. Apabila dalam skema tiga bulan seperti yang disimulasi pemerintah kondisinya berangsur pulih, maka kemungkinan dana tersebut tidak perlu digunakan dan dicairkan.
 
Berdasarkan data gabungan Pegadaian, stimulus yang disiapkan pemerintah untuk relaksasi kredit bagi nasabah BPR, perbankan, perusahaan pembiayaan (multifinance/leasing), pembiayaan ultra mikro (UMi), Mekarr (PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera), Pegadaian, UMKM online, LPDB (Lembaga Pengelola Dana Bergulir), koperasi dan sebagainya sebesar Rp34,15 triliun.
 
"Angkanya berapa masing-masing itu kita detailnya tidak ada, yang saya tahu itu usulan Pegadaian Rp5,1 triliun ke pemerintah, persetujuannya belum," tutup dia.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif