Ilustrasi IHSG - - Foto: MI/ Usman
Ilustrasi IHSG - - Foto: MI/ Usman

Investor Ritel Domestik Angkat IHSG ke Level 5.000

Ekonomi IHSG investor bursa saham
Annisa ayu artanti • 03 Juli 2020 17:16
Jakarta: Direktur Utama PT Danareksa Sekuritas Friderica Widyasari Dewi menilai keberadaan investor ritel dalam negeri menjadi bantalan (cushion) bagi pergerakan pasar modal. Mereka mampu mengangkat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mendekati level 5.000 setelah sebelumnya tumbang di titik terendah 3.937.
 
"Ini karena menggiatnya investor lokal domestik," kata Frederica dalam diskusi virtual, Jumat, 3 Juli 2020.
 
Menurutnya indeks akan terus bercokol di zona hijau meski aktivitas perdagangan belum kembali normal. Sebab kebijakan kerja dari rumah atau work from home (WFH) berhasil meningkatkan minat investor untuk lebih mengulik portofolio investasi sahamnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ternyata dengan adanya (WFH) ini aktivitas investor retail domestik ini meningkat. Mungkin karena mereka ada di rumah punya banyak waktu untuk mengulik saham-saham apa yang mereka harus beli," ujarnya.
 
Ia mencontohkan beberapa perusahan malah berani melakukan aksi IPO di tengah pandemi karena keberadaan investor retail lokal.
 
"Ini menjadi cushion yang membantu untuk market kita. Ada beberapa perusahaan yang nekad IPO ternyata memang mereka dibantu oleh keberadaan investor domestik kita," tukasnya.

 

(Des)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif