Ilustrasi Jiwasraya - - Foto: MI/ Ramdani
Ilustrasi Jiwasraya - - Foto: MI/ Ramdani

Dukung Restrukturisasi, Nasabah Jiwasraya Siap Negosiasi

Ekonomi asuransi BUMN Jiwasraya
Eko Nordiansyah • 24 Juli 2020 18:14
Jakarta: Nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mengapresiasi rencana restrukturisasi yang akan dilakukan pemerintah bersama manajemen baru. Namun, para nasabah tetap meminta kepastian waktu pengembalian dana.
 
Salah seorang nasabah Jiwasraya, Idayani mengaku, siap bernegosiasi dengan Jiwasraya asalkan pemerintah dan manajemen memastikan waktu pengembalian dana yang telah diinvestasikan. Termasuk kepastian pembayaran bunga hasil negosiasi ke depannya.
 
"Saya minta pengembalian pokok dan bunganya, tapi pada prinsipnya kita siap negosiasi," kata Idayani kepada wartawan di Jakarta, Jumat, 24 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sekadar diketahui, kebijakan restrukturisasi Jiwasraya akan dilakukan dengan cara menurunkan bunga dari besaran yang semula dijanjikan. Sampai akhirnya nanti seluruh polis nasabah Jiwasraya dilimpahkan ke PT Nusantara Life.
 
Penurunan bunga sendiri dilakukan lantaran saat ini Jiwasraya tengah dihadapkan pada masalah kinerja keuangan yang semakin buruk. Ini merupakan akibat penetapan bunga yang sangat tinggi dan dugaan korupsi yang dilakukan manajemen lama Jiwasraya.
 
Menanggapi hal itu, Idayani pun merasa tidak masalah jika polis yang ia miliki dipindahkan ke PT Nusantara Life. Syaratnya, Ida ingin mendapat kepastian pembayaran klaim atas polisnya.
 
"Sepanjang ada kejelasan kapan polis saya akan dibayar, saya tidak ada masalah atas pembentukan Nusantara Life dan pindah polis ke sana. Yang penting jelas," tegas dia.
 
Demi memperbaiki kinerja Jiwasraya, Kementerian BUMN setidaknya telah melakukan tiga kali perombakan direksi sejak 2018. Kementerian BUMN juga melaksanakan sejumlah aksi korporasi guna menyelesaikan ekuitas negatif dan memenuhi kewajiban kepada nasabah.
 
Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo sebelumnya menegaskan, penyelamatan Jiwasraya beserta dana nasabah mulai mendesak karena seiring waktu kondisi keuangan Jiwasraya semakin parah. Namun demikian, pemerintah tetap berkomitmen untuk menyelamatkan dana nasabah dengan berbagai opsi yang tengah ditempuh.
 
"Nantinya Nusantara Life ini akan menjadi perusahaan yang akan membawa polis-polis Jiwasraya yang telah direstrukturisasi. Nah kami tadi juga usulkan opsi-opsi restrukturisasi, baik untuk polis tradisional maupun polis JS Saving Plan," kata dia seusai Rapat Panitia Kerja Permasalahan Jiwasraya besutan Komisi VI DPR RI, di Senayan, Jakarta, Selasa, 7 Juli 2020.

 
Jika tak ada halangan, program restrukturisasi akan dimulai dalam waktu dekat dan waktu penawaran selesai pada Desember 2021. Setelah itu, polis-polis yang disetujui untuk direstrukturisasi akan dipindahkan ke Nusantara Life, bersamaan saat perusahaan baru itu didirikan pada awal 2020.
 

(Des)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif