Foto: dok MI.
Foto: dok MI.

Respons Pernyataan Jampidsus Kejagung soal Gagal Bayar, Ini Kata WanaArtha Life

Ekonomi kejaksaan agung Jiwasraya WanaArtha Life
Ade Hapsari Lestarini • 26 September 2020 21:55
Jakarta: PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (WanaArtha Life) merespons pernyataan Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait gagal bayar yang dialami perusahaan asuransi itu.
 
Menurut pihak WanaArtha, pernyataan yang tidak tepat dan tidak akurat itu disampaikan oleh Kejagung dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR RI pada Kamis, 24 September 2020 lalu.
 
Adapun pernyataan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Ali Mukartono yang menyatakan WanaArtha Life telah gagal bayar di Oktober 2019 merupakan informasi yang tidak benar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami melakukan penundaan pembayaran polis kepada nasabah sejak Sub Rekening Efek (SRE) sejak kami diblokir pada 21 Januari 2020. Kami juga memiliki bukti pembayaran klaim kepada nasabah dari Oktober 2019 hingga sebelum rekening efek diblokir," ungkap Direktur Utama WanaArtha Life Yanes Y. Matulatuwa, dalam keterangan resminya, Sabtu, 26 September 2020.
 
Baca: Gagal Bayar WanaArtha Terjadi Sebelum Kejagung Blokir Rekening Benny Tjokro
 
Dia menegaskan, Kejaksaan Agung juga keliru dengan membuat pernyataan yang tidak pernah menyita uang nasabah WanaArtha Life melainkan saham atau reksa dana milik Benny Tjokro yang ada di WanaArtha Life.
 
Menurut dia Kejaksaan Agung telah melakukan pemblokiran dan penyitaan terhadap SRE WanaArtha Life, yang berisikan dana kelolaan (titipan) milik pemegang polis. Selain itu perusahaan asuransi menghimpun dana dari premi yang dibayarkan oleh pemegang polis.
 
Selanjutnya, tambah dia, dana ini diinvestasikan dan dikelola melalui pihak ketiga terutama di pasar uang dan pasar modal yang wajib mengikuti protokol transaksi yang diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI).
 
"Benny Tjokro sama sekali bukanlah pemegang polis, investor apalagi pemegang saham WanaArtha Life. Benny Tjokro tidak memiliki aset apapun di WanaArtha Life," tegas Yanes.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif