Ilustrasi. Foto: dok MI.
Ilustrasi. Foto: dok MI.

Rupiah Masih Berpotensi Melemah

Ekonomi rupiah melemah kurs rupiah
Media Indonesia • 30 Maret 2020 08:03
Jakarta: Beberapa hari terakhir, nilai tukar rupiah mengalami penguatan di tengah pandemi virus korona (covid-19), yang masih mengancam ekonomi global.
 
Pada penutupan perdagangan Jumat, 27 Maret 2020, rupiah menguat 1,08 persen hingga menjadi juara, atau mata uang dengan kinerja terbaik di Asia. Akan tetapi, pengamat ekonomi senior dari Center of Reform on Economics (Core) Piter Abdullah, menilai rupiah masih berpotensi kembali melemah.
 
Menurut Piter, penguatan rupiah dalam beberapa hari terakhir dipicu aksi borong saham yang terlalu murah oleh investor asing. Sekalipun para investor menyadari ketidakpastian global masih berlangsung. Oleh karena itu, dia berpandangan sentimen negatif masih sangat kuat.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi sentimen negatif masih sangat kuat. Ada potensi pekan ini mereka yang sudah beli saham, akan melepas kembali untuk merealisasikan keuntungan. Sebab, masih besarnya risiko global. Kalau itu terjadi rupiah bisa kembali melemah," tutur Piter saat dihubungi, Minggu, 29 Maret 2020.
 
Baca: Sepekan Rupiah Pamer 'Imunitas' di Tengah Hantaman Covid-19
 
Lebih lanjut, dia mengatakan ekonomi global tengah dihantui ketidakpastian. Salah satu sumbernya ialah pandemi covid-19. Piter menekankan pemerintah harus mengambil langkah antisipatif, serta mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan.
 
Saat ini, pemerintah dinilai perlu melebarkan defisit fiiskal untuk meningkatkan upaya penanganan virus korona. Berikut, memberikan bantuan kepada masyarakat miskin. Tidak kalah penting, mempersiapkan stimulus ekonomi untuk bisa kembali rebound dengan cepat ketika pandemi berakhir.
 
"Yang harus dilakukan pemerintah, yakni meningkatkan upaya mengatasi wabah korona, memberikan bantuan kepada yang miskin dan mempersiapkan stimulus ekonomi untuk bisa kembali rebound dengan cepat," tutupnya.

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif