Ilustrasi. Foto: Dok.MI
Ilustrasi. Foto: Dok.MI

Vaksinasi Covid-19 Jadi Sentimen Positif Penguatan Rupiah

Ekonomi Kurs Rupiah vaksin covid-19
Husen Miftahudin • 13 Januari 2021 18:26
Jakarta: Nilai tukar mata uang rupiah menguat pada penutupan perdagangan Rabu, 13 Januari 2021. Mengutip Bloomberg, mata uang Garuda menguat 70 poin atau 0,5 persen di level Rp14.060 per USD.
 
Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai faktor global dan domestik menjadi sentimen positif penguatan rupiah.
 
"Ekonomi AS akan terus kuat pada paruh kedua tahun ini karena vaksinasi tersedia secara luas, masih adanya kasus covid-19 juga masih mendorong kebijakan moneter yang tetap akomodatif," ujar Ibrahim melalui keterangan tertulis, Rabu, 13 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari domestik, vaksinasi covid-19 resmi dimulai pagi ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Warga Negara Indonesia pertama yang mendapat suntikan vaksin buatan perusahaan farmasi asal Tiongkok, Sinovac.
 
"Meski prosesnya akan memakan waktu yang cukup panjang agar vaksinasi di seluruh Indonesia selesai, tetapi harapan akan hidup berangsur-angsur normal kembali menjadi kenyataan, dan yang terpenting perekonomian bisa kembali bangkit," imbuhnya.
 
Menurut Ibrahim, distribusi vaksin adalah kunci pemulihan ekonomi. Tanpa vaksin, masyarakat masih akan defensif sehingga pertumbuhan penawaran tidak seimbang dengan permintaan. Tanpa distribusi vaksin yang cepat, pemulihan ekonomi akan lebih mengarah ke U-shaped ketimbang V-shaped.
 
"Menanggapi hal tersebut, kalangan pengusaha dan masyarakat siap membantu Pemerintah untuk menyukseskan program vaksinasi dalam rangka menekan penularan covid-19, namun pemerintah perlu melakukan pemetaan bagi penerima vaksinasi," kata dia.
 
Selain itu, prioritas vaksinasi harus berdasarkan klaster dan seharusnya diberikan kepada kelompok masyarakat yang paling rentan menyebarkan covid-19. Dan jika vaksinasi tidak dilakukan dengan pemetaan maka vaksinasi tidak tepat sasaran.
 
Untuk perdagangan besok pagi, mata uang rupiah kemungkinan dibuka melemah di level Rp14 ribu hingga Rp14.100 per USD.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif