Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI). Foto: Medcom.id/Desi Angriani
Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI). Foto: Medcom.id/Desi Angriani

Siap-siap, IHSG Sepekan ke Depan Diperkirakan Melemah

Ekonomi IHSG Ekonomi Indonesia
Fetry Wuryasti • 20 September 2020 18:00
Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pekan keempat September diperkirakan mengalami tren pelemahan. Sejumlah faktor dalam dan luar negeri akan mewarnai pergerakan pasar.
 
Laporan S&P Global menyatakan ada beberapa bank sentral di emerging market atau negara berkembang yang diperkirakan akan mempertaruhkan reputasi mereka, peringkat kredit negara dan bahkan risiko akan krisis ekonomi besar-besaran jika terus mencetak uang dan membeli surat utang pemerintah setelah krisis berlalu.
 
Ini tentu juga bicara independen Bank Sentral dengan kebijakan moneter harus tetap independen terhadap pemerintah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hampir tiga minggu rupiah mengalami volatilitas yang tinggi salah satunya didorong oleh kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi Indonesia yang akan memasuki resesi, meningkatnya kasus covid 19 dan manuver beberapa anggota DPR untuk merevisi UU Bank yang mengancam independensi bank sentral," kata Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee, Minggu, 20 September 2020.
 
Adapun beberapa perkembangan positif dalam negeri di antaranya adalah keputusan Bank Indonesia (BI) mempertahankan suku bunga acuan. BI lebih mengutamakan stabilitas keuangan dalam mendukung perekonomian Indonesia dan mengindikasikan Bank Sentral tetap independen.
 
Biarpun inflasi sangat rendah tetapi volatilitas rupiah membuat BI menahan penurunan suku bunga. BI memastikan kepada pelaku pasar bahwa perjanjian burden sharing dengan pemerintah hanya untuk tahun 2020.
 
"Data yang baik juga ditunjukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang melaporkan neraca perdagangan Indonesia pada Agustus 2020 kembali mencatatkan surplus sebesar USD2,33 miliar. Kedua hal ini diharapkan mampu membuat Rupiah menguat dan lebih stabil kedepannya," kata Hans Kwee.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif