Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu
Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu

Duh, Bank Mandiri Belum Mau Sesuaikan Suku Bunga Kredit

Antara • 28 September 2022 16:01
Jakarta: Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Darmawan Junaidi belum berencana melakukan penyesuaian terhadap suku bunga kredit setelah Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuan sebesar 75 basis poin (bps) menjadi 4,25 persen.
 
"Dari sisi profitabilitas kita belum tentu menaikkan suku bunga secara serta merta di kredit karena saat ini secara target kita sudah berada di level ditargetkan untuk baki debet kredit," katanya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi XI DPR RI, dilansir Antara, Rabu, 28 September 2022.
 
Tak hanya suku bunga kredit, Darmawan mengaku Bank Mandiri juga belum berencana menaikkan suku bunga dana tabungan dan deposito dalam waktu dekat.
 
Baca juga: Siap-siap, Bunga Deposito Diramal Naik hingga 15 Bps 

Hal tersebut mengingat Bank Mandiri optimis bahwa kinerja hingga akhir tahun tidak akan terpengaruh dengan tingkat suku bunga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita tidak perlu berlomba-lomba bersaing dengan menaikkan suku bunga dana supaya dana itu pindah ke kita," ujarnya.
 
Ia mengaku yakin Bank Mandiri masih mampu mencapai kinerja sesuai yang ditargetkan tahun ini meski terbayang oleh potensi ketidakpastian tahun depan.
 
Menurutnya, tantangan perseroan pada 2023 adalah kebijakan Bank Indonesia yang masih akan terus menaikkan suku bunga acuan dan The Federal Reserve pun berpotensi gencar menaikkan The Fed Funds Rate.
 
Ia pun menegaskan akan terus mengkaji lebih lanjut mengenai kesiapan Bank Mandiri terhadap rencana ekspansi atau pertumbuhan bisnis untuk tahun depan seiring tantangan pada 2023 lebih berat dibandingkan 2022.
 
"Akan bisa Mandiri mendapat pertumbuhan (tahun depan) tapi tidak setinggi apa yang kita capai pada 2022. Tantangannya sangat berat di tahun depan," jelasnya.
 
(ANN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif