Ilustrasi. FOTO: Media Indonesia
Ilustrasi. FOTO: Media Indonesia

Bank Mandiri Terus Lanjutkan Penurunan Suku Bunga

Ekonomi bank mandiri
Fetry Wuryasti • 26 November 2020 09:24
Jakarta: PT Bank Mandiri Tbk (Persero) (BMRI) atau Bank Mandiri mengaku secara rutin melakukan review arah suku bunga dana maupun suku bunga kredit. Hal itu dengan mempertimbangkan suku bunga acuan dan suku bunga pasar, kondisi likuiditas, dan arah kebijakan pemerintah.
 
Kajian itu dilakukan mengingat sejak awal 2020 Bank Indonesia telah menurunkan suku bunga acuan atau BI 7 Day Repo Reverse Rate (BI7DRRR) sebesar total 125 bps. Mengikuti kondisi tersebut Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) juga telah menurunkan suku bunga penjaminan simpanan hingga 175 bps.
 
"Suku bunga deposito telah kami turunkan tiga kali di tahun ini dan masih mungkin diturunkan kembali mengikuti perkembangan pasar. Kami juga telah menurunkan suku bunga dasar kredit untuk semua segmen, baik korporasi, retail, maupun mikro," kata Sekretaris perusahaan Bank Mandiri Rudi As Aturridha, dikutip dari Mediaindonesia.com, Kamis, 26 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seiring penurunan rasio biaya dana (CoF), Bank Mandiri melihat suku bunga kredit masih berpotensi untuk diturunkan kembali mengikuti perkembangan pasar. Saat ini imbal hasil kredit di Bank Mandiri telah terus turun dibandingkan dengan tahun lalu dan berada di kisaran tujuh persen.
 
"Tahun ini, kami telah menurunkan suku bunga (dasar) kredit (SBDK) untuk segmen korporasi, ritel, mikro maupun konsumsi sebesar 10 hingga 600 basis poin. Bahkan, pada Oktober SBDK segmen konsumer telah kami turunkan untuk ketiga kalinya dalam 12 bulan terakhir seiring penurunan biaya dana," kata Rudi.
 
Per 31 Oktober 2020, merujuk pada laman website Bank Mandiri, suku bunga dasar kredit korporasi 9,85 persen, ritel 9,8 persen, mikro 11,5 persen, KPR 10 persen, dan non KPR 11,6 persen. Sedangkan suku bunga deposito pada kisaran 3,26-3,5 persen dan 0,24-0,5 persen untuk valas.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif