Ilustrasi. Foto: dok Jenius
Ilustrasi. Foto: dok Jenius

Pembobolan Akun Jenius, BTPN Tidak Bisa Janjikan Dana Kembali

Ekonomi Perbankan btpn kasus pembobolan dana
Fetry Wuryasti • 27 Juli 2021 20:46
Jakarta: Bank BTPN memonitor dugaan pembobolan akun Jenius milik nasabah atas nama Wirawan A Candra. Baik akun korban, maupun penipu juga diblokir.
 
"Beliau berhasil dihubungi dan Jenius menyayangkan atas kejadian yang dialami. Kami telah memblokir akun Jenius penerima dana penipuan pada kesempatan pertama ketika nasabah melapor ke Jenius Help," kata Corporate Communications BTPN Andrie Darusman, dilansir Mediaindonesia.com, dihubungi Selasa, 27 Juli 2021.
 
Berdasarkan laporan nasabah, disebutkan penipu telah memperdaya nasabah sehingga informasi yang bersifat rahasia dan pribadi diterima oleh penipu dan disalahgunakan untuk mengambil alih rekening Jenius nasabah. Jenius dari Bank BTPN tunduk pada prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta senantiasa membantu nasabah apabila dibutuhkan proses lebih lanjut kepada pihak terkait.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selain itu kami ingatkan kembali untuk tidak membagikan informasi yang bersifat rahasia seperti PIN, password, e-mail, One Time Password (OTP), dan data di aplikasi serta kartu Jenius Anda dalam bentuk apapun termasuk link tidak resmi kepada pihak lain, termasuk pihak Jenius," kata Andrie.
 
Di Jenius, keamanan nasabah merupakan prioritas utama, dan bank menerapkan tingkat keamanan berlapis dengan teknologi terkini. Namun perlu diwaspadai bahwa banyak oknum yang menyalahgunakan kesempatan dengan modus kejahatan yang beragam.
 
"Kami menyadari, hal ini menjadi upaya bersama bagi Jenius dan nasabah agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan pada waktu mendatang," kata Andrie.
 
Namun bank menyatakan bahwa itu adalah kesalahan pihak nasabah. Sehingga bank tidak bisa menjanjikan pengembalian dana yang terkuras oleh oknum penipu.
 
Andrie mengatakan Bank BTPN dalam hal ini adalah pihak yang menyediakan layanan perbankan dan telah menyediakan fitur keamanan berlapis guna memberikan keamanan dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi, termasuk di antaranya juga dengan memberikan informasi dan edukasi secara kontinyu untuk senantiasa melindungi data pribadi dan rahasia seperti PIN, password, OTP dan data di aplikasi serta kartu Jenius nasabah dengan tidak membagikannya kepada pihak lain termasuk pihak Jenius.
 
"Nasabah sebagai pihak yang melakukan transaksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku, bertanggung jawab atas transaksi perbankan yang dilakukan dan telah mendapat otorisasi dari nasabah sendiri. Terkait proses pengembalian dana, pihak Bank tidak dapat menjanjikan apapun terkait hal ini," kata Andrie.
 
Jenius dari Bank BTPN tunduk pada prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta senantiasa membantu nasabah apabila dibutuhkan proses lebih lanjut kepada pihak terkait.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif