Ilistrasi saham Astra - - Foto: Medcom
Ilistrasi saham Astra - - Foto: Medcom

Tol Cipali Ambles, Saham Astra Masih Merah

Ekonomi Emiten Saham Jalan Tol astra international
Annisa ayu artanti • 11 Februari 2021 14:51
Jakarta: Saham PT Astra International Tbk (ASII) masih bergerak di zona merah pascaamblesnya ruas tol Cipali di KM 122+400. Berdasarkan data RTI, Kamis, 11 Februari 2021 hingga akhir perdagangan sesi I, saham ASII melemah 0,85 persen ke level Rp5.850 per saham.
 
Nilai transaksi saham ASII pada perdagangan sesi I hari ini mencapai Rp104,37 miliar dengan volume transaksi sebanyak 17,72 lembar saham. Sementara dua hari lalu pascainsiden amblesnya ruas tol Cipali tersebut, tepatnya saat penutupan perdagangan sesi I pada 9 Februari 2021 saham ASII juga ikut ambles 2,05 persen ke level Rp5.975 per saham.
 
Direktur Operasi Astra Tol Cipali Agung Prasetyo mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan kontraktor untuk melakukan perbaikan pada ruas tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perbaikan diperkirakan memakan waktu 1,5 bulan," kata Agung dalam keterangan tertulis yang diperoleh Medcom.id.
 
Adapun untuk mengurai kepadatan lalu lintas pemberlakuan contra flow diberlakukan. "Sedangkan untuk mengurangi beban lalu lintas, akan dibangun lajur sementara di median, diperkirakan memakan waktu 10 hari," jelasnya.
 
Mengutip laman resmi lintasmarga.com, PT Lintas Marga Sedaya merupakan perusahaan yang memegang konsesi jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di Provinsi Jawa Barat.
 
PT Lintas Marga Sedaya (Astra Tol Cipali) merupakan perusahaan joint venture antara PT Astra Tol Nusantara, anak perusahaan PT Astra International, Tbk (55 persen) dan Canada Pension Plan Investment Board (45 persen).
 
Sebagai bagian dari Grup Astra, pada 28 November 2019 PT Lintas Marga Sedaya secara resmi memiliki branding name Astra Tol Cikopo-Palimanan (Astra Tol Cipali).
 
Jalan tol Cipali resmi beroperasi pada 13 Juni 2015, keberadaan jalan tol Cipali terbukti memangkas rute Cikampek-Palimanan hingga 40 KM dibanding melewati jalur Pantura.
Dengan konsesi selama 40 tahun dan panjang ruas 116,75 KM, jalan tol Cipali terbentang dari Cikopo KM 72 sampai dengan Palimanan KM 188 dengan melewati lima Kabupaten, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka dan berakhir di Kabupaten Cirebon.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif