Foto: dok MI.
Foto: dok MI.

Masih Ada Celah untuk IHSG Terus Melaju

Ekonomi ihsg
Ade Hapsari Lestarini • 28 Mei 2020 08:28
Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini masih berpotensi melanjutkan penguatan. IHSG disinyalir akan mengikuti gerak bursa global.
 
"Pada bursa domestik, kami menilai IHSG berpotensi mengikut penguatan global didorong oleh sektor infrastruktur dan industri dasar yang menguat minggu ini," ujar tim analis Samuel Sekuritas Indonesia dalam hasil risetnya, Kamis, 28 Mei 2020.
 
Selain itu melihatnya naiknya sentimen positif dari pasar Amerika Serikat (AS) dan Eropa, pasar global diperkirakan masih akan dalam tren menguat pada minggu ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bursa AS ditutup menguat masih didorong oleh optimisme pasar terhadap ekspektasi akan dibukanya ekonomi AS. Penguatan juga ditopang oleh sektor penerbangan dan ritel yang diharapkan membaik ketika ekonomi kembali berjalan.
 
Indeks Dow Jones (DJIA) terpantau menguat 2,21 persen ke level 25.548, indeks S&P500 naik 1,48 persen, serta indeks Nasdaq menguat 0,77 persen. Bursa Eropa juga turut menguat didorong oleh paket dana pemulihan sebesar 750 miliar euro (setara USD826,5 miliar) dari European Commission.
 
Selain itu harga minyak WTI masih berada pada level USD31,9 per barel, dengan minyak Brent berada di level USD34,1 per barel dan emas mendarat di USD1.721 per ons.
 
Sementara itu indeks EIDO naik 0,18 persen dan IHSG Rabu ditutup 0,32 persen menjadi 4.641 dengan pendorong terbesar adalah sektor industri dasar serta saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Semen Indonesia Tbk (SMGR), dan PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN). Net sell asing pada pasar regular mencapai Rp171,1 miliar.
 
Saham dengan nilai net buy asing tertinggi di pasar regular adalah BBRI (Rp318,7 miliar, PT Bank Permata Tbk/BNLI (Rp38,8 miliar), dan PT HM Sampoerna Tbk/HMSP (Rp22,1 miliar).
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif