Ilustrasi kantor pusat Bank Indonesia - - Foto: MI/ Usman Iskandar
Ilustrasi kantor pusat Bank Indonesia - - Foto: MI/ Usman Iskandar

BI Sesuaikan Operasional saat Libur Idulfitri

Ekonomi Perbankan Bank Indonesia Idulfitri 1443 Mudik Lebaran 2022
Antara • 18 April 2022 22:52
Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyesuaikan kegiatan operasional pada Idulfitri 2022, sebagaimana Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri PAN-RB tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022. 

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan penyesuaian tersebut dilakukan dalam rangka menyediakan infrastruktur bagi pelayanan kepentingan transaksi perbankan untuk masyarakat. Kegiatan operasional Bank Sentral akan kembali ke jadwal normal seluruhnya pada Senin, 9 Mei 2022.
 
Penyesuaian yang dilakukan yakni seluruh kegiatan operasional sistem BI Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), BI Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS), dan BI Electronic Trading Platform (BI-ETP) ditiadakan selama 29 April 2022 dan 2-6 Mei 2022.
 
Kemudian kegiatan operasional Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) dan layanan kas dalam periode tersebut juga ditiadakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk transaksi operasi moneter rupiah dan valuta asing (valas), seluruh kegiatan ditiadakan selama Idul Fitri, sehingga Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) tidak diterbitkan. Dengan demikian, Erwin menjelaskan kurs BI akan menggunakan referensi kurs hari kerja normal terakhir.
 
Penyampaian kuotasi Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR) oleh bank kontributor pun turut ditiadakan selama Lebaran. Dengan demikian, JIBOR dan Indonesia Overnight Index Average (IndONIA) tidak akan diterbitkan, begitu pula dengan JISDOR.
 
"Selanjutnya, pelaksanaan kegiatan operasional perbankan menjadi pertimbangan dan kewenangan masing-masing bank," katanya dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin, 18 April 2022.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif