Suasana RUPST & RUPSLB Wom Finance, di Jakarta. FOTO: WOM Finance
Suasana RUPST & RUPSLB Wom Finance, di Jakarta. FOTO: WOM Finance

2019, WOM Finance Bukukan Laba Rp260 Miliar

Ekonomi wom finance
Angga Bratadharma • 12 Maret 2020 15:42
Jakarta: PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance) membukukan laba bersih sebesar Rp260 miliar di sepanjang 2019. Pencapaian itu meningkat 21 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp215 miliar.
 
"Pertumbuhan laba di 2019 didukung oleh perbaikan atas kualitas portofolio, pertumbuhan pendapatan, dan disiplin dalam pengelolaan biaya operasional," kata Direktur WOM Finance Zacharia Susantadiredja, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis, 12 Maret 2020.
 
Selain itu, WOM Finance meningkatkan total pendapatan 1,05 persen menjadi Rp2,64 triliun di 2019 dari tahun sebelumnya sebesar Rp2,62 triliun. Total beban menurun sebanyak 2,42 persen menjadi Rp2,27 triliun dari sebelumnya Rp2,33 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penurunan total beban didukung oleh perbaikan kualitas aset dengan menurunnya Non Performing Finance (NPF) Gross menjadi dua persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar 2,8 persen, yang tercermin dari penurunan biaya Pembentukan Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (PCKN) sebesar 14,62 persen.
 
"Serta biaya pendanaan yang juga mengalami penurunan sebanyak 4,92 persen. Total ekuitas sebesar Rp1,37 triliun atau meningkat 17 persen dari Rp1,17 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya," ucapnya.
 
Sementara itu, RUPST WOM Finance menyetujui dan mengesahkan laporan keuangan tahunan WOM Finance untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2019, yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik Purwantono, Sungkoro & Surja, Firma anggota Ernst & Young Global Limited.
 
RUPST WOM Finance juga menyetujui penetapan penggunaan laba bersih WOM Finance sebesar Rp260 miliar untuk tahun buku 2019. Sebesar Rp1 miliar untuk cadangan umum guna memenuhi ketentuan dalam Pasal 70 ayat 1 Undang-Undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan pasal 24 Anggaran Dasar Perseroan.
 
Sebesar 30 persen untuk dibagikan sebagai dividen tunai dengan nilai maksimal sebesar Rp78 miliar atau sebesar Rp22,4 per saham. Sisa dari laba akan ditetapkan sebagai laba ditahan. Selanjutnya pemegang saham menyetujui pengangkatan dewan komisaris, direksi, dan dewan pengawas syariah.
 
Masing-masing untuk jangka waktu masa jabatan terhitung sejak ditutupnya RUPS hari ini sampai dengan ditutupnya RUPST yang akan diselenggarakan pada 2023 tanpa mengurangi hak RUPS untuk memberhentikannya sewaktu-waktu. Susunan Pengurus WOM Finance menjadi sebagai berikut:
 
Dewan Komisaris
Presiden Komisaris/Komisaris Indpenden: I Nyoman Tjager.
Wakil Presiden Komisaris: Robbyanto Budiman.
Komisaris: Garibaldi Thohir.
Komisaris: Thilagavathy Nadason.
Komisaris Independen: Myrnie Zachraini Tamin.
 
Direksi
Presiden Direktur: Djaja Suryanto Sutandar.
Direktur: Zacharia Susantadiredja.
Direktur: Anthony Y. Panggabean.
Direktur: Njauw Vido Onadi.
Direktur: Wibowo.
 
Dewan Pengawas Syariah
Ketua: Abdul Jabar Majid.
Anggota: H.Muh.Taufik Darmansyah.
Anggota: H.M.Nadratuzzaman Hosen.
 
Khusus untuk Direktur Wibowo, pengangkatan tersebut akan berlaku efektif sejak diperoleh persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). "Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder atas dukungan penuh yang telah diberikan sehingga dapat terus meningkatkan kinerja dari tahun ke tahun dan mampu memberikan dividen tunai," pungkas Djaja.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif