Ilustrasi. Foto: Dok.MI
Ilustrasi. Foto: Dok.MI

Rupiah Menguat Tipis Berkat Strategi Bauran Kebijakan BI

Ekonomi Bank Indonesia rupiah menguat Kurs Rupiah
Husen Miftahudin • 14 Oktober 2020 16:56
Jakarta: Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) mengalami penguatan pada perdagangan hari ini meski tipis. Otot mata uang Garuda tersebut dinutrisi oleh optimalisasi strategi bauran kebijakan yang diterapkan Bank Indonesia.
 
Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan strategi bauran kebijakan yang diterapkan Bank Indonesia cukup mumpuni untuk menstabilkan perekonomian dan mata uang rupiah. Kebijakan tersebut terbukti andal saat diterapkan pada krisis ekonomi global akibat perang dagang antara AS dan Tiongkok serta Brexit.
 
"Di masa pandemi covid-19, Bank Indonesia juga menerapkan strategi bauran kebijakan yang berkaitan dengan dua hal, yaitu ketika menghadapi volatilitas nilai tukar dan aliran modal agar konsisten dengan target inflasi," ujar Ibrahim dalam keterangannya yang diterima Medcom.id, Rabu, 14 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Ibrahim, apabila upaya mencapai target inflasi hanya diatasi dengan kebijakan suku bunga, maka belum cukup mumpuni. Agar kebijakan suku bunga tetap konsisten dengan target inflasi yang sudah ditentukan, maka Bank Indonesia terus melakukan intervensi nilai tukar dan manajemen aliran modal. Tekanan nilai tukar berkaitan erat dengan aliran keluar masuk modal.
 
Untuk itu, Bank Indonesia melakukan intervensi melalui pasar spot, obligasi, Domestic Non Delivery Forward (DNDF) atau transaksi derivatif valuta asing (valas) terhadap rupiah. Hal ini dinilai lebih efektif dalam upaya menstabilisasi nilai tukar untuk tujuan stabilitas harga.
 
"Selanjutnya, bauran kebijakan yang berkaitan dengan kebijakan moneter untuk stabilisasi harga dan makroprudensial untuk stabilitas sistem keuangan, perputaran keuangan lebih banyak berkaitan dengan kredit," ungkap Ibrahim.
 
Adapun pada penutupan perdagangan hari ini nilai tukar rupiah terhadap USD mengalami penguatan tipis. Mengutip data Bloomberg, nilai tukar rupiah ditutup menguat ke posisi Rp14.717 per USD dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya di level Rp14.725 per USD.
 
Mata uang Garuda tersebut menguat tipis tujuh poin atau setara 0,05 persen. Rentang gerak harian rupiah berada di level Rp14.707 per USD sampai Rp14.752 per USD.
 
Menukil data Yahoo Finance, rupiah justru menguat signifikan pada posisi Rp14.723 per USD. Rupiah menguat 67 poin atau setara 0,45 persen dari Rp14.790 per USD di penutupan perdagangan sebelumnya.
 
Berdasarkan data kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (Jisdor), rupiah diperdagangkan di level Rp14.780 per USD atau menguat sebanyak 13 poin dari nilai tukar rupiah pada perdagangan sebelumnya sebesar Rp14.793 per USD.
 
"Dalam perdagangan besok pagi mata uang rupiah kemungkinan akan dibuka menguat. Walaupun sesi siang kembali melemah, namun kemungkinan ditutup menguat terbatas sebesar 5-20 poin di level Rp14.690 per USD sampai Rp14.730 per USD," tutup Ibrahim.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif