Ilustrasi kantor Bank Indonesia - - Foto: dok MI
Ilustrasi kantor Bank Indonesia - - Foto: dok MI

Survei BI: Penyaluran Kredit Baru Kuartal III Melambat

Ekonomi Perbankan Bank Indonesia Survei BI Penyaluran Kredit Baru Kredit Perbankan
Husen Miftahudin • 22 Oktober 2021 09:59
Jakarta: Bank Indonesia (BI) dalam Survei Perbankan mengindikasikan secara kuartalan (qtq) penyaluran kredit baru pada kuartal III-2021 tumbuh positif, meski melambat dari periode sebelumnya.
 
"Hal ini terindikasi dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) permintaan kredit baru kuartal III-2021 sebesar 20,9 persen, lebih rendah dibandingkan 53,9 persen pada kuartal sebelumnya," ungkap hasil survei yang dikutip dari laman resmi Bank Indonesia, Jumat, 22 Oktober 2021.
 
Berdasarkan jenis penggunaan, pertumbuhan kredit baru terindikasi terjadi pada seluruh jenis kredit, terindikasi dari SBT yang tercatat positif baik pada kredit investasi (SBT 34,4 persen) maupun kredit konsumsi (SBT 49,8 persen).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara sektoral, penyaluran kredit baru tertinggi terjadi pada sektor Konstruksi, dengan SBT sebesar 55,8 persen, diikuti oleh sektor Pertanian, Perburuan, dan Kehutanan dan sektor Industri Pengolahan dengan SBT masing-masing sebesar 55,7 persen dan 48,9 persen.
 
"Pada kuartal IV-2021 penyaluran kredit baru diprakirakan meningkat, ditandakan dari SBT prakiraan penyaluran kredit baru sebesar 90,9 persen," urai survei tersebut.
 
Prioritas utama responden dalam penyaluran kredit baru kuartal IV-2021 adalah kredit modal kerja, diikuti oleh kredit investasi dan kredit konsumsi. Pada jenis kredit konsumsi, penyaluran kredit kepemilikan rumah/apartemen masih menjadi prioritas utama, diikuti oleh penyaluran kredit multiguna dan kredit kendaraan bermotor.

Penyaluran kredit baru diprioritaskan pada sektor:

  1. Perdagangan besar dan eceran.
  2. Industri pengolahan dan konstruksi.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif