Ilustrasi gedung BI. Foto: dok MI.
Ilustrasi gedung BI. Foto: dok MI.

BI: Pemanfaatan Data Penting untuk Pecut Pemulihan Ekonomi

Husen Miftahudin • 15 Februari 2022 22:05
Jakarta: Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Aida S Budiman menekankan pentingnya pemanfaatan data dalam mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional. Apalagi saat ini tren digitalisasi terus meningkat, di sisi lain juga adanya transisi menuju ekonomi hijau dan gaya hidup yang ramah lingkungan.
 
"Itu (digitalisasi) telah memengaruhi keseharian kita, dan jadi urgensi bagi regulator untuk bisa memformulasikan kebijakan publik agar bisa melalui masa transisi dengan baik," ujar Aida dalam rangkaian side event Presidensi G20 Indonesia, Selasa, 15 Februari 2022.
 
Untuk menjawab tantangan ini, pemahaman terhadap data jadi satu hal yang tak boleh terlupakan. Sebab, regulator harus bisa memantau perkembangan inovasi teknologi yang berjalan cepat, model bisnis yang baru, serta harus bisa membuat wadah interaksi antara konsumen dan bisnis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bahkan dalam kehidupan sehari-hari, kita hanya menggunakan ponsel untuk membeli kebutuhan, dan itu bisa langsung diantar sampai ke depan pintu kita," tuturnya.
 
Menurut dia, perkembangan sistem pembayaran dan infrastruktur digital nyatanya menawarkan peluang tanpa batas. Terkait hal tersebut, Bank Indonesia telah mengeluarkan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan BI Fast untuk transaksi ritel.
 
Selain itu, pesatnya perkembangan Internet of Things (IoT) dan jaringan seluler telah memfasilitasi penggunaan data pada setiap aktivitas. Meskipun demikian, keamanan siber (cyber security) menjadi hal yang tak boleh ditawar.
 
Dalam hal ini, kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) telah memberikan dukungan dalam memperkuat keamanan siber. Karenanya, keamanan di dunia maya kini telah menjadi faktor penentu dalam pengembangan pemanfaatan data.
 
"Tapi ini baru permulaan, kemajuan teknologi membuka banyak jendela dan menantang kita untuk bagaimana kita menggunakan data yang kuat demi keuntungan kita," pungkas Aida.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif