Ilustrasi. Foto ; AFP.
Ilustrasi. Foto ; AFP.

Belanja Konsumen Tiongkok Naik Oktober 2020

Ekonomi tiongkok pandemi covid-19
Arif Wicaksono • 16 November 2020 21:39
Beijing: Belanja konsumen Tiongkok terus meningkat pada Oktober di tengah penahanan efektif epidemi covid-19 dan pemulihan ekonomi yang stabil di dalam negeri.
 
Penjualan ritel barang-barang konsumen Tiongkok naik 4,3 persen tahun ke tahun menjadi 3,86 triliun yuan (sekitar USD584,5 miliar) pada bulan lalu, menurut Biro Statistik Nasional dikutip dari Xinhua, Senin, 16 November 2020.
 
Pertumbuhan meningkat dari kenaikan 3,3 persen di September setelah pengukur konsumsi utama membukukan pertumbuhan positif pertama tahun ini di Agustus dengan naik 0,5 persen tahun ke tahun. Hal ini tak termasuk konsumsi mobil, penjualan ritel naik 3,6 persen tahun ke tahun bulan lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Konsumsi di daerah pedesaan naik 5,1 persen, melampaui kenaikan 4,2 persen di daerah perkotaan. Industri katering melaporkan peningkatan pendapatan 0,8 persen, ekspansi pertama tahun ini ketika sektor yang paling terpukul berjuang untuk pulih dari dampak virus korona.
 
Dalam 10 bulan pertama, penjualan ritel turun 5,9 persen dalam tahun ke tahun, dengan penurunan menyempit sebesar 1,3 poin persentase dari penurunan di tiga kuartal pertama.
 
Konsumsi online tetap menjadi titik terang, dengan penjualan ritel online naik 10,9 persen tahun ke tahun di periode Januari-Oktober. Penjualan online komoditas fisik naik 16 persen tahun ke tahun, terhitung sebesar 24,2 persen dari total penjualan eceran selama periode tersebut.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif