Ilustrasi. FOTO: Dok MI/PANCA SYURKANI
Ilustrasi. FOTO: Dok MI/PANCA SYURKANI

Percepat Pemulihan Ekonomi, BI Maksimalkan Potensi UMKM Lewat KKI 2021

Ekonomi Bank Indonesia UMKM Ekonomi Indonesia Pemulihan Ekonomi Nasional UMKM Indonesia
Husen Miftahudin • 21 September 2021 12:36
Jakarta: Bank Indonesia (BI) konsisten melakukan pengembangan pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Upaya tersebut diarahkan dalam bentuk peningkatan potensi lokal, mengedepankan proses penciptaan nilai tambah, meningkatkan penyerapan tenaga kerja, dan sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru.
 
Salah satu kegiatan dari upaya pengembangan sektor UMKM oleh BI adalah melalui penyelenggaraan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021. KKI 2021 juga merupakan implementasi dari komitmen Bank Indonesia dalam mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Gerakan Nasional Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI).
 
"Melalui ajang Karya Kreatif Indonesia 2021 yang mengangkat tema 'Sinergi, Globalisasi, dan Digitalisasi UMKM dan Sektor Pariwisata', BI bersama kementerian/lembaga terkait lainnya ingin memaksimalkan potensi UMKM dalam upaya mempercepat pemulihan ekonomi nasional," ungkap BI dikutip dari laman instagram terverifikasi @bank_indonesia, Selasa, 21 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KKI 2021 digelar pada 23-26 September 2021 dengan tujuan utama untuk mendukung industri kreatif, kegiatan ekspor, dan pemberdayaan perempuan. Pengembangan UMKM unggulan difokuskan pada komoditas orientasi ekspor dan pendukung pariwisata.
 
KKI 2021 juga memiliki tujuan untuk sosialisasi dan mempublikasikan kepada masyarakat mengenai peran Bank Indonesia dalam pengembangan UMKM. Kemudian, memperluas akses pasar domestik maupun ekspor dengan mengenalkan produk UMKM kepada calon pembeli (marketplace) yaitu masyarakat umum dan pihak-pihak yang terhubung dengan pasar ekspor.
 
Selain itu, KKI 2021 juga sebagai katalisator bagi pelaku usaha industri kreatif dalam meningkatkan kualitas produk sesuai tren pasar sekaligus mendorong peningkatan nilai tambah. Selanjutnya, mendorong bangkitnya aktivitas perekonomian nasional melalui akselerasi transformasi digital UMKM.
 
KKI 2021 terdiri dari sejumlah bentuk kegiatan selama waktu penyelenggaraan. Pada 23 September 2021, selain Pembukaan Karya Kreatif Indonesia 2021, terdapat kegiatan Business Coaching dengan mengangkat tema 'Bijak Bertransaksi Digital'.
 
Lalu pada 24 September 2021, terdapat kegiatan Policy Dialogue-Pembiayaan UMKM, Business Coaching-UMKM Digital Sukses Raih Pasar berkat Go Digital, Talk Show Digiku: mitra Digital UMKM Indonesia, serta Webinar UMKM Bangkit melalui Kreasi dan Diversifikasi Produk.
 
Selanjutnya pada 25 September 2021, terdapat kegiatan policy dialogue-UMKM ekspor potensi dan tantangan ekspor daerah, webinar UMKM go ekspor-cara praktis tembus pasar global, business coaching-UMKM ekspor edukasi strategi ekspor UMKM, serta webinar UMKM bangkit melalui kreasi dan diversifikasi produk. Pada 26 September 2021, penutupan puncak KKI 2021.
 
 
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif