Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo. Foto : BI.
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo. Foto : BI.

BI: Rupiah Terus Menguat, Sentuh Rp15 Ribu/USD

Ekonomi rupiah bank indonesia
Husen Miftahudin • 09 April 2020 17:12
Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo terus mengucap rasa syukur lantaran upaya bank sentral menstabilisasi nilai tukar rupiah membuahkan hasil. Dalam beberapa hari terakhir mata uang Garuda terus menguat.
 
Perry menyebutkan pada pembukaan perdagangan pagi ini, rupiah dibuka di level Rp16.200 per USD. Rupiah kembali menunjukkan otot-ototnya hingga sempat menyentuh di level Rp15 ribu per USD.
 
"Sekarang ini rupiah terakhir diperdagangkan di Rp16.020, Alhamdulillah. Bahkan tadi juga di dalam bid-offer dalam perdagangan baik di broker maupun interbank itu ada juga yang kemudian bertransaksi di Rp15.990," terang Perry dalam telekonferensi di Jakarta, Kamis, 9 April 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perry menyatakan kondisi penguatan rupiah itu membuat Bank Indonesia semakin 'pede' bahwa rupiah bakal bergerak stabil dan cenderung menguat ke arah Rp15 ribu pada akhir tahun ini. Apalagi dengan sokongan fundamental perekonomian RI yang semakin membaik membuat mata uang Garuda tersebut kian bertaji.
 
Secara fundamental, jelasnya, nilai tukar rupiah diukur berdasarkan tingkat inflasi, defisit transaksi berjalan alias Current Account Deficit (CAD), hingga perbedaan suku bunga di dalam dan luar negeri. Dalam hal ini rupiah masih undervalue dan memiliki potensi penguatan lebih lanjut.
 
"Nilai tukar rupiah yang diukur secara fundamental menunjukkan bahwa nilai tukar rupiah saat ini masih undervalue, artinya kecenderungannya masih bisa menguat," ucap Perry.
 
Mengutip Bloomberg pada Kamis, 9 April 2020 pukul 15.30 WIB, nilai tukar rupiah diperdagangkan di level Rp15.880 per USD. Mata uang Garuda itu menguat 370 poin atau setara 2,28 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan di hari sebelumnya di level Rp16.250 per USD.
 
Sementara menurut Yahoo Finance, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp16.200 per USD. Menguat 42 poin atau 0,26 persen ketimbang posisi penutupan di hari sebelumnya di level RpRp16.242 per USD. Sedangkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (Jisdor) menunjukkan bahwa mata uang Garuda tersebut mengalami penguatan ke posisi Rp16.241 per USD dari level Rp16.245 per USD di hari sebelumnya.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif