Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu

Listing Perdana, Saham SGER Naik 34,26%

Ekonomi ipo
Annisa ayu artanti • 10 Agustus 2020 09:53
Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali menambah jumlah perusahaan tercatat baru yakni PT Sumber Global energy Tbk dengan kode saham SGER.
 
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengategorikan saham SGER sebagai saham syariah dan dilepas ke publik sebanyak 500 juta lembar saham yang mewakili 30,05 persen modal yang dikeluarkan dan disetor perseroan setelah penawaran umum perdana.
 
Berdasarkan hasil bookbuilding saham SGER mengalami oversubscribed 2,52 kali. Adapun harga per saham ditetapkan sebesar Rp108. Dengan angka tersebut perusahaan menaksir perolehan dana IPO sebesar Rp54 miliar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengutip data RTI, saham pertama kali listing saham SGER naik 34,26 persen atau 37 poin ke posisi Rp145 per saham. Saham SGER ditransaksikan sebanyak tiga kali dengan volume 13 lot.
 
Direktur Utama Sumber Global Energy Tbk, Welly Thomas, menyatakan seluruh dana hasil IPO akan digunakan untuk modal kerja.
 
"Keseluruhan dana hasil IPO akan digunakan oleh perseroan untuk modal kerja guna memenuhi kontrak pengadaan batu bara yang telah berjalan, sisanya sebagai modal kerja di perusahaan anak tidak langsung dalam bentuk pinjaman yang akan digunakan untuk riset dan pengembangan energi terbaru dan terbarukan serta proses ekstraksi dan oksidasi mineral logam tanah jarang," jelas Welly di Jakarta, Senin, 10 Agustus 2020.
 
Selain mencatatkan sahamnya, perusahaan yang menjalankan kegiatan usaha di bidang perdagangan besar bahan bakar padat, cair dan gas, khususnya batu bara juga menerbitkan waran seri I sebanyak 400 juta
lembar atau sebesar 34,36 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan pada saat pendaftaran.
 
Setiap pemegang lima saham IPO akan mendapat empat waran seri I. Adapun setiap waran bias mendapatkan hak atas satu saham baru diharga Rp125 per saham, sehingga total seluruh hasil pelaksanaan waran seri I sebesar Rp50 miliar.
 
(DEV)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif